Kampus ITB miliki empat gedung baru

user
Muhammad Hasits 29 Agustus 2016, 12:15 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Kampus teknik pertama di Indonesia, Institut Teknologi Bandung (ITB) memiliki empat gedung canggih baru. Gedung anyar itu digunakan untuk mewadahi berbagai kegiatan, di antaranya penelitian terkait nanotenologi.

Empat gedung baru itu diresmikan langsung Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristediktik) Mohamad Nasir, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan Rektor ITB Kadarsah Suryadi di kampus ITB, Jalan Ganeca, Bandung, Senin (29/8).

Empat gedung itu adalah Center for Advanced Sciences (CAS), Center for Art Design and Language (CADL), Center for Infrastructure and Built Environment (CIBE), dan Center for Research and Community Services (CRCS).

Gedung CAS sendiri merupakan gedung yang dilengkapi berbagai peralatan canggih seperti scanning electron microscope (SEM) dan transmission electron microscope (TEM).

Untuk CIBE, salah satu fasilitasnya adalah adanya laboratorium struktur yang dapat melakukan pengukuran bangunan dengan ukuran sebenarnya. Laboratorium tersebut dilengkapi strong wall dan strong floor untuk pengujian.

Gedung CADL akan digunakan untuk pengembangan seni, desain, dan bahasa. Adapun gedung CRCS akan melayani kerjasama dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat.

Menristekdikti mengatakan, keberadaan gedung tersebut tentunya akan membawa manfaat untuk penelitian, sehingga akan lahir-lahir sebuah terobosan-terobosan dari gedung tersebut. "Mudah-mudahan bisa memberi manfaat, baik kepada ITB pada khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya," katanya dalam sambutan. Dengan fasilitas yang dimiliki ITB, tentu ini akan membangkitkan gairah para peneliti untuk dapat terus berinovasi.

Rektor ITB Kadarsyah Suryadi mengatakan, pembangunan gedung baru akan membawa dampak baik bagi peneliti. Selain untuk ITB, gedung dikomersilkan ini bisa juga digunakan untuk pihak lain yang ingin melakukan penelitian. Menurutnya, proses pembangunan keempat gedung tersebut sudah sesuai dengan aturan yang ada.

"Semoga gedung ini memang membawa manfaat bagi banyak orang khususnya di bidang pengetahuan," jelasnya.

Kredit

Bagikan