Pemkot Bandung dorong pengembangan bisnis syariah

user
Muhammad Hasits 12 Agustus 2016, 16:04 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Inkubasi Bisnis memiliki peran strategis untuk mengembangkan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Kota Bandung. Selain dapat menumbuhkan wirausaha baru, juga dapat menjadi wadah dalam mengimplementasikan berbagai inovasi yang dihasilkan oleh berbagai pihak.

Hal itu diungkapkan Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial saat acara Workshop PINBAS  (Pusat Inkubasi Bisnis Syariah) dan Liga Halal Pencanangan Tahun 2016-2017 Sebagai Tahun Kebangkitan Produksi Halal Indonesia, di Hotel Mutiara, Jalan Kebon Kawung, Jumat (12/8). "Peranan Inkubasi Bisnis menjadi strategis karena dapat menciptakan lapangan kerja baru, menumbuhkan wirausaha baru, dan dapat menjadi wadah dalam mengimplementasikan berbagai inovasi yang dihasilkan oleh berbagai pihak,” ujar Oded.

Oded menyebut, inkubasi bisnis ini dikelola secara profesional dan mendapat dukungan dari Pemerintah terbukti mampu menciptakan lapangan kerja. “Jika inkubasi bisnis ini terus berkembang, maka dapat dikatakan usaha kecil menengah khususnya syariah berhasil dijalankan dengan baik,” katanya.


Menurutnya, dengan media workshop ini menjadi salah satu cara untuk pemberdayaan ekonomi umat yang efektif dan tepat sasaran. Selain itu hasilnya bisa memberikan upaya yang konkret membumikan produk halal.

"Saya berharap, dengan dilaksanakannya Workshop dan Liga Halal ini, usaha syariah bisa berkembang dan diminati seluruh masyarakat,” ujarnya.

Ketua panitia Workshop PINBAS & Liga Halal Oyo Zakaria mengatakan inkubasi bisnis telah memberikan nilai tambah terhadap perekonomian melalui percepatan pengembangan usaha baru atau pemula. Melalui kegiatan Workshop PINBAS dan Liga Halal sebagai media untuk mengatasi problematika yang dihadapi wirausaha UMKM baru.

“Oleh karena itu diperlukan kehadiran PINBAS MUI yang bersifat komprehensif, integritas dan sistematik, sekaligus secara simultan mendorong kontribusi positif bagi pembangunan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Dia berharap dengan terlaksana kegiatan ini mampu mengembangkan para pelaku UMKM yang tangguh dan mandiri dengan mampu meningkatkan produktivitas wirausaha. “Insya Allah terlaksananya kegiatan ini, peserta bisa mengembangkan usahanya setelah diberikan arahan dan materi yang diterapkannya,” pungkas Oyo.

Dalam kesempatan tersebut sebagai saksi, Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial, menandatangani nota kesepakatan antara Pusat Inkubasi Bisnis Syariah MUI dengan 15 Koperasi Syariah Kota Bandung.

Kredit

Bagikan