Koperasi harus jadi tulang punggung masyarakat ekonomi di Kota Bandung

user
Farah Fuadona 11 Agustus 2016, 16:56 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial menghadiri acara HUT Koperasi Tingkat Kota Bandung Ke-69 tahun 2016 di Gedung Sentra Bisnis dan Koperasi (SENBIK) Jalan Soekarno Hatta, Kamis (11/8/). Oded menyebut koperasi adalah suatu unit usaha yang menggelorakan semangat sebagai tulang punggung masyarakat ekonomi kecil.

“Koperasi dibentuk dari anggota untuk anggota dan yang membedakan dengan perbankan adalah realitas yang dapat dilihat. Ini pernah terjadi pada saat krisis moneter Koperasi tetap ada dan banyak yang berhasil, lain halnya dengan dunia Perbankan,” ujar Oded.

Oded menuturkan, momentum Hari Koperasi ini diharapkan akan menambah semangat dan memotivasi koperas-koperasi yang sedang membangun.

“Semoga dengan adanya momentum kuat di Hari Koperasi menggelorakan semangat koperasi sebagai tulang punggung masyarakat ekonomi kecil. Pemerintah juga tidak akan berhenti untuk terus melakukan evaluasi, memberikan reward, sebagai bukti pemerintah concern terhadap penguatan koperasi. Pemerintah akan melakukan inventerisisasi koperasi serta memberikan berbagai macam diklat dan penguatan akses permodalan sehingga langkah Koperasi dalam berkompetisi dengan dunia swasta akan semakin mantap,” ujarnya.

Terkait dengan masih adanya beberapa koperasi yang namanya ada tetapi tidak aktif, Oded mengatakan bahwa sesuai dengan aturan sebaiknya dengan kesadaran dari anggotanya untuk segera diperbaiki.

“Pemerintah memang mempunyai otoritas bisa membubarkan koperasi yang tidak aktif, tetapi sebaiknya kesadaran dari anggotanya harus mempunyai sikap intorpeksi diri, tanamkan rasa jujur dalam bekerja. Itulah kuncinya,” ungkapnya.

Oded menyebut koperasi-koperasi yang tidak aktif tersebut, mayoritas dikarenakan kurang menanamkan prinsip kebersamaan pada sistem menajemen mereka. Sehingga aktivitas para anggotanya relatif kurang optimal dalam membangun koperasi tersebut.

“Diharapkan untuk koperasi yang tidak berkembang, harus bekerja keras membangunkannya kembali,dengan kerja sama dan saling membantu, Insya Allah koperasi akan berjalan lancar,” kat dia.

Kepala Dinas Koperasi UKM, Perindustrian & Perdagangan Kota Bandung Eric Attahauriq mengatakan bahwa dalam memperingati hari koperasi yang ke-69 ini mengambil tema “Koperasi Mensejahterakan dan Mencerdaskan Anggota Meuju Bandung Juara”. Acara ini digelar sebagai ajang silaturahim sekaligus melakukan evaluasi, pengembangan etos kerja dan kinerja yang dilakukan dalam 1 tahun terakhir.

Eric menambahkan, selain itu juga untuk memberikan motivasi terhadap gerakan koperasi dan mensienergikan usaha kecil menengah di berbagai sektor kegiatan ekonomi. Hal ini guna mensejahterakan dan mencerdaskan koperasi menuju koperasi Bandung Juara.

“Dari hal tersebut menghasilkan daya saing yang tinggi gun  mewujudkan koperasi yang berkualitas sehat organisasi, sehat usaha, dan permodalan sekaligus mewujudkan masyarakat, khususnya koperasi Kota Bandung yang mandiri dan berkiprah menghadapi tantangan ekonomi global,” kata dia.

Dalam acara tersebut, diberikan pula penghargaan terhadap koperasi yang berprestasi di antaranya, Koperasi karyawan BJB Syariah, KSU Mitra Saudara (Bank Saudara), Koperasi Pegawai Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kopkar Shafira Laras Persada, Primkop Kartika Psikologi AD, Primkop Kartika Viyata Virajati Seskoad, Koperasi Pegawai SMAN 4 Bandung, Koperasi Keluarga Besar Dispenda, KSP Sumber Bahagia, Koperasi karya Wanita, KSP Daya Wanita dan Koperasi Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jawa Barat "Dewi Sartika"







Kredit

Bagikan