Hari pertama masuk sekolah, begini harapan orangtua di Bandung

user
Farah Fuadona 18 Juli 2016, 17:46 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Hari ini menjadi hari pertama masuk sekolah untuk berbagai jenjang baik SD, SMP maupun SMA sederajat. Sebagian besar orang tua siswa, terutama untuk siswa kelas 1 mengantarkan anak mereka ke sekolah.

Di hari pertama masuk sekolah, ada sejumlah harapan yang diungkapkan oleh para orangtua siswa. Salah satunya, tidak ada lagi kegiatan yang sifatnya perpeloncoan di sekolah.

Seperti diungkapkan Tuti (45), orangtua dari Rifan (16) yang bersekolah di SMA BPI ini. Tuti berharap kegiatan pengenalan sekolah lebih banyak diisi dengan kegiatan yang  bermanfaat.

"Ya harapannya semoga tidak ada kegiatan-kegiatan perpeloncoan lagi di sekolah. Jadi lebih banyak kegiatan pengenalan sekolah yang bermanfaat," ujar Tuti kepada Merdeka Bandung, Senin (18/7).

Harapan senada juga diungkapkan orangtua siswa lainnya. Seperti dituturkan Toto (50) yang menyekolahkan anaknya, Rio (16) masuk ke kelas 1 SMA.

"Jangan kayak tahun-tahun terdahulu lah, banyak kegiatan yang justru memberatkan siswa dengan tugas-tugas yang menyulitkan. Lebih baik banyak diisi dengan tugas-tugas yang relevan," ungkap warga Cibiru ini.

Adanya peraturan Pemendikbud Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS), menjadi jurus baru yang dikeluarkan oleh Kemendikbud untuk menekan kegiatan-kegiatan yang sifatnya perpeloncoan. Dengan adanya aturan baru ini, mulai tahun ajaran 2016/2017 Masa Orientasi Sekolah (MOS) diganti dengan Masa Pengenalan Lingkungan Siswa (MPLS).

Kredit

Bagikan