Cascade Trio terbang ke Amerika ikuti Insitut Musik Kamar

user
Mohammad Taufik 24 Juni 2016, 10:32 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Kelompok musik kamar Cascade Trio dipastikan tampil dalam festival bergengsi Apple Hill Chamber Music Institute, New Hampshire, Amerika Serikat, pada 1-11 Juli 2016. Festival ini mengundang musisi dunia untuk menyampaikan pesan perdamaian.

Sebelummnya Cascade Trio tak menyangka rekaman musik yang mereka kirim bisa mencuri perhatian panitia penyelenggara. Dari rekaman itulah panitia penyelenggara memilih Cascade Trio untuk ikut serta dalam festival bertajuk 'Playing for Peace'.

Program 'Playing for Peace' dimulai pada 1988 dengan melibatkan musisi dunia untuk melampaui batas-batas nasional dan budaya dan menciptakan persahabatan. Program ini juga mendorong pengembangan kepercayaan diri, kreativitas dan ambisi.

Di program inilah Cascade Trio yang terdiri dari Airin Efferin (piano), Danny Ceri (violin), dan Ade Sinata (selo) akan memperlihatkan identitas dan kemampuan mereka sebagai musisi Indonesia.

"Negara bisa saja berperang, tapi individu-individu jangan saling benci," kata Airin dari rilis yang diterima Merdeka Bandung, Jumat (24/6).

Tidak hanya kesempatan tampil di hadapan publik, Cascade Trio juga mendapatkan beasiswa musim panas selama 1 sesi (10 hari) di Amerika Serikat. Beasiswa ini mengharuskan mereka mengikuti kelas musik atau kursus singkat dari pakar musik berkelas internasional.

Selain itu mereka juga akan bertukar pengalaman dengan kelompok musik dunia lainnya. Mereka juga mendapatkan kesempatan untuk menampilkan musik dari Indonesia, yaitu Variasi Pelog karya Budhi Ngurah. Karya ini telah mereka bawa ke Spanyol tahun 2015, dan kini akan mereka bawa ke New Hampshire.

"Kesempatan ke Amerika Serikat merupakan peluang emas. Selain untuk menimba ilmu dan pengalaman baru, juga menunjukkan permainan musik kamar dari Indonesia. Kami mengucapkan ribuan terima kasih kepada keluarga, Bandung Philharmonic, serta pihak-pihak swasta yang selama ini telah membantu proses keberangkatan Cascade Trio," ujarnya.

Wajah keceriaan ketiga musisi muda Indonesia ini terlihat ketika mereka berhasil mengumpulkan sejumlah dana untuk membeli tiket pesawat. Bantuan tersebut mereka dapatkan dari pihak swasta yang selama ini tertarik dengan perkembangan musik klasik Indonesia. Mereka akan berangkat hari Minggu mendatang, 26 Juni 2016.

Cascade Trio terbentuk pada 2013 telah banyak membuat konser dan workshop di sejumlah kota di Indonesia. Pada 2015, Cascade Trio mengikuti Festival Musik Kamar di Teulada, Moraira, Spanyol, pada 2015. Keikutsertaan dalam Festival Apple Hill Chamber Music Institute, AS, memantapkan langkah Cascade Trio menjadi kelompok musik kamar yang diperhitungkan dari Indonesia Trio.

Kredit

Bagikan