Kembangkan industri kreatif warganya, Pemkot Bandung gandeng Tokopedia

user
Farah Fuadona 18 Mei 2016, 17:39 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pemerintah Kota Bandung terus berupaya mengembangkan industri kreatif para pengusaha lokal. Termasuk dalam mendorong kemajuan dalam pemasaran produk.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mendorong para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk memanfaatkan metode digital dalam memasarkan produk. Sehingga tak hanya menjual dalam lingkup Kota Bandung saja tapi juga nasional dan internasional.

"Jadi saya lagi memotivasi bisnis orang Bandung itu sebaiknya banyak digital. Supaya jualannya gak hanya di kota bandung," kata pria yang akrab disapa Emil di Hotel Best Western Premier La Grande, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Rabu (18/5).

Emil mengatakan dirinya terus berupaya membantu pengusaha lokal Bandung. Upaya yang dilakukannya baru-baru ini adalah dengan menggandeng salah satu situs jual beli online di Indonesia, Tokopedia.

Kerjasama ini, ujarnya didasari pada banyaknya transaksi yang terjadi lewat Tokopedia di Kota Bandung. Dalam satu bulan jumlahnya bisa mencapai 750 ribu transaksi barang. Atas dasar itu, Emil pun menggaet Tokopedia untuk memberi ruang khusus pada produk yang dijual orang Bandung. Sehingga lebih mudah ditemukan untuk meningkatkan transaksi.

"Nah, Tokopedia saya minta punya halaman khusus Bandung. Jadi nanti kalau di klik ada halaman Bandung, dengan foto-fotonya segala rupa," ujarnya.

Hal ini dinilainya akan menjadi salah satu kemudahan meningkatkan kemajuan pemasaran produk lokal. Sejalan dengan dukungan Pemkot Bandung kepada pelaku ekonomi kreatif menengah ke bawah di Bandung.

Diharapkan dengan begitu, produk pengusaha di Bandung semakin berkembang. Tak hanya dipesan dari Indonesia tetapi juga internasional. Mengingat situs jual beli ini dapat diakses dengan mudah di mana pun.

Kredit

Bagikan