Peringati 61 tahun KAA, Bandung Philharmonic akan gelar prakonser

user
Farah Fuadona 12 April 2016, 19:37 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) akan diwarnai konser musik klasik bertajuk “Heroes” yang disajikan kelompok musik klasik Bandung, Bandung Philharmonic.

Sebelum konser peringatan KAA yang rencananya akan digelar di Gedung Merdeka, Bandung Philharmonic akan menggelar prakonser di Padma Hotel, Jalan Rancabentang, Bandung, Minggu (17/4) pukul 16.00 WIB.

Pianis yang juga salah satu pendiri Bandung Philharmonic, Airin Efferin, mengatakan akan digelarnya konser musik klasik dalam rangka peringatan Konferensi Asia-Afrika diharapkan menjadi  babak baru bagi perkembangan musik klasik di Indonesia.

Dengan semangat itu pula, kata dia, Bandung Philharmonic yang bekerja sama dengan Padma Hotel Bandung untuk menggelar "Preconcert Heroes".

Preconcert Heroes nanti akan menyajikan sejumlah nomor musik klasik, antara lain Prelude Cello Suite no 1 in G Major (Johann Sebastian Bach), Fantasy Pieces for clarinet, viola dan piano (Christian K. Ellenwood), String Quartet no 1 op 18, 1st mvt (Beethoven) dan lainnya.

“Tidak ketinggalan, kami juga akan menampilkan karya terbaru Fauzie Wiriadisastra berjudul Kota Bandung. Konser ini tentu akan menjadi spesial,” ungkap Airin melalui rilis yang diterima Merdeka Bandung, Selasa (12/4).

Musisi dan salah pendiri Bandung Philharmonic lainnya, Fauzie Wiriadisastra, menambahkan “Preconcert Heroes" Bandung Philharmonic sebagai pembuktian pencapaian budaya.

Menurutnya, tanpa musisi yang berkualitas, mustahil terbentuk orkestra yang baik. Begitu juga tanpa kesiapan sebuah masyarakat berbudaya yang mau dan mampu mendukung keberadaannya, Bandung Philharmonic tidak akan sanggup bertahan mengalunkan musik-musik klasik.

Bandung Philharmonic berdiri 2015, digagas oleh empat musisi muda yakni Airin Efferin (piano), Fauzie Wiriadisastra (flute), Ronny Gunawan (flute), dan Putu Sandra Kusuma (biola).

Saat ini Bandung Philharmonic bekerja sama dengan konduktor Robert Nordling asal Chicago Amerika Serikat, murid dari Leonard Bernstein. Sejak berdirinya, Bandung Philharmonic telah menggelar konser perdana di Gedung Padepokan Seni Mayang Sunda, Bandung, 18 Januari 2016 lalu.

Prakonser ini mendapat dukungan dari Padma Hotel Bandung. Menurut pihak hotel, prakonser tersebut penting bagi perkembangan musik klasik di Bandung.

“Preconcert Heroes Bandung Philharmonic ini merupakan konser penting bagi musisi untuk memperlihatkan sejauh mana perkembangan seniman lokal agar dapat bersaing di dunia internasional,” ungkap General Manager dari Padma Hotel Bandung, Nandang Suryana.

Kredit

Bagikan