Alasan Pentingnya Perkembangan Perusahaan untuk Karyawan

user
Endang Saputra 19 April 2022, 17:30 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Memiliki modal untuk memulai bisnis sebenarnya belum cukup, kita harus memikirkan hal lain seperti, mengapa perkembangan atau kemajuan perusahaan sangat penting bagi karyawan? Bagaimana cara merealisasikannya? Apakah dengan bantuan produk SaaS?

Sekalipun kita memiliki modal yang banyak untuk membangun dan mengembangkan bisnis, namun tidak dibarengi dengan arah tujuan yang jelas, rasanya sulit untuk meraih kesuksesan bisnis tersebut.

Tujuan bisnis yang tertuang di dalam perencanaan bisnis, khususnya visi dan misi perusahaan harus benar-benar mencerminkan tujuan dan arah bisnis perusahaan sehingga memudahkan kita dalam membuat regulasi perusahaan.

Namun, untuk di mata karyawan, apa alasan utama mengapa perkembangan atau kemajuan perusahaan sangat penting bagi karyawan?

Mengapa perkembangan atau kemajuan perusahaan sangat penting bagi karyawan?

Secara eksplisit, seluruh tujuan karyawan adalah untuk mendapatkan uang atau gaji demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Namun, banyak juga karyawan yang mempertimbangkan kemajuan dirinya, khususnya untuk menjadi seorang profesional, dengan bekerja di perusahaan yang memiliki tujuan dan arah bisnis yang baik.

Tak sedikit juga karyawan yang memutuskan bekerja di suatu perusahaan karena di dalamnya ada program pengembangan dan pembinaan karyawan.

Dengan kata lain, berarti seluruh karyawan di dalamnya bukan hanya bekerja seperti robot melainkan memiliki kesempatan untuk berkembang secara profesional.
Karyawan juga tak berpikir dua kali untuk melibatkan diri dalam proses perkembangan dan kemajuan perusahaan.

Loyalitas karyawan yang seperti itu tentu saja meningkatkan rasa kepemilikan karyawan akan perusahaan dan bisnis kita sehingga kinerja dan produktivitas terus meningkat.

Oleh karena itu, kita sebagai pebisnis perlu memperhatikan kemajuan dan perkembangan perusahaan agar karyawan ikut berkembang dan menghasilkan profit yang lebih banyak lagi.

Salah satu cara untuk mengembangkan dan memajukan perusahaan adalah dengan menggunakan produk SaaS atau sistem perangkat lunak khusus untuk membantu pekerjaan para karyawan.

Selain melakukan inovasi produk dan strategi pemasaran, kita juga perlu melakukan inovasi terhadap tools yang digunakan untuk mengoperasikan sistem kerja di perusahaan. Caranya adalah dengan menggunakan produk SaaS atau sistem perangkat lunak khusus.

Tujuan utamanya adalah pekerjaan karyawan jadi lebih ringan karena dibantu dengan sistem perangkat lunak ini, sehingga karyawan jadi memiliki waktu lebih untuk berpikir tentang kemajuan dan perkembangan perusahaan.
Produktivitas karyawan meningkat, karyawan jadi kerja cepat, kerja tepat, dan kerja cerdas.

Adanya tools untuk membantu karyawan memudahkan sistem pengawasan

Kita bisa mengandalkan sistem perangkat lunak berbasis cloud-based computing ini untuk membantu mempermudah sistem pengawasan yang dilakukan oleh karyawan dan kita sebagai pemilik bisnis.

Misalnya saja, penggunaan software penjualan khusus membantu karyawan untuk melakukan sistem pengontrolan terhadap produk yang terjual dan pemasukan bisnis. Ini tentu sangat berguna bila kita memiliki banyak cabang bisnis.

Adanya perangkat lunak yang seperti ini juga membantu sistem pengawasan jadi lebih objektif karena hasil akhir datanya selalu dalam angka.

Data perusahaan akan tersimpan aman sehingga terhindar dari kebocoran data
Seluruh data perusahaan, mulai dari data keuangan, data karyawan, data laporan kinerja dan data-data lainnya akan tersimpan aman di dalam satu perangkat lunak yang sudah saling terintegrasi dengan sistem yang dimiliki perusahaan.

Kelebihan menggunakan produk SaaS ini adalah perusahaan bisa memutuskan karyawan mana yang memiliki wewenang untuk mengakses data-data tersebut sehingga meminimalisir kebocoran data.

Sedangkan untuk karyawan, mereka akan merasa aman karena seluruh data yang telah mereka buat dan olah seperti misalnya data perencanaan bisnis triwulan dan perencanaan keuangan bisnis akan tersimpan aman tanpa ada yang bisa mengubah tanpa akses khusus.

Adanya tools untuk membantu karyawan mengolah data perusahaan

Ada banyak pengembang produk SaaS yang juga mengembangkan software atau perangkat lunak khusus untuk membantu pekerjaan para karyawan dalam mengolah data perusahaan.

Di dalam software tersebut telah dilengkapi dengan fitur-fitur seperti penyimpanan data secara real-time, kemudahan mencari data bahkan dari puluhan tahun ke belakang, hingga membantu proses pengolahan data sehingga menghasilkan hasil yang lebih akurat dan objektif.

Nantinya, hasil pengolahan data tersebut bisa dijadikan patokan dan acuan karyawan untuk membuat perencanaan tindakan bisnis pada periode sebelumnya.

Sebagai contoh, pada produk SaaS khusus akuntansi, kita akan mengetahui dengan pasti seberapa besar pemasukan perusahaan dan pengeluaran perusahaan, sehingga di akhir kita jadi bisa memutuskan apakah bisnis berjalan lancar atau justru sebaliknya.

Data laporan keuangan tersebut juga bisa kita jadikan acuan untuk membuat perencanaan keuangan di periode selanjutnya.

Perusahaan memiliki data dengan tingkat akurasi yang tinggi

Sangat penting untuk memperhatikan hasil pengolahan data agar bisa dijadikan acuan atau patokan untuk mengimplementasikan sejumlah aturan baru pada regulasi bisnis di periode selanjutnya.

Bayangkan, bila tingkat akurasi data dari pengolahan data dan laporan tersebut rendah cenderung terlalu subjektif, maka besar kemungkinan untuk sulit menjadikannya sebagai tolok ukur regulasi bisnis di periode selanjutnya.

Sedangkan, bila memanfaatkan produk SaaS, maka kita memiliki sistem pengolahan data dan laporan perusahaan dengan tingkat akurasi tinggi dan sangat objektif untuk dijadikan tolok ukur atau acuan regulasi bisnis di periode selanjutnya.

Software yang bisa digunakan untuk perkembangan dan kemajuan perusahaan

Ada banyak software atau sistem perangkat lunak yang bisa kita gunakan sebagai tools untuk membantu memaksimalkan kinerja karyawan. Beberapa di antaranya adalah software khusus pengolahan dokumen seperti Google Doc.

Software khusus yang diperuntukkan untuk jaringan komunikasi khusus karyawan seperti Slack sehingga seluruh diskusi terkait strategi dan kemajuan bisnis perusahaan jadi aman.

Software khusus yang bisa digunakan sebagai tools untuk marketing seperti Google My Business. Dan, software yang membantu tim human resources atau HRD dalam mengelola sumber daya manusianya.

Terakhir, kita bisa memanfaatkan software manajemen keuangan atau software akuntansi khusus untuk membantu mengelola seluruh aktivitas finansial perusahaan.
Mulai dari aktivitas penggajian karyawan, pembayaran tagihan perusahaan, hingga membayar reimbursement karyawan.

Tak jarang juga software akuntansi ini memiliki fitur untuk membantu karyawan dalam menyusun laporan keuangan agar menghasilkan data dengan tingkat akurasi yang tinggi.
Salah satu software akuntansi adalah Spenmo. Menariknya, Spenmo juga bisa kita jadikan sebagai kartu perusahaan.

Maksudnya adalah saat karyawan perlu membayar tagihan tertentu maka kita bisa memanfaatkan fitur schedule payment agar terhindar dari denda akibat telat bayar.
Karyawan yang sering melakukan perjalanan dinas dan bertemu dengan klien di luar perusahaan juga jadi lebih terbantu karena ada sistem reimburse online pada aplikasi akuntansi tersebut.

Jadi, mau kapan saja dan di mana saja karyawan melakukan perjalanan dinas, mereka bisa langsung mengajukan reimburse secara online melalui aplikasi Spenmo.

 

 

Credits

Bagikan