Semangat Award 2020 Jadi Ajang Pebisnis Muda Unjuk Gigi

user
Endang Saputra 30 Desember 2020, 16:29 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Ketua Pelaksana Semangat Award 2020, sekaligus Chief DEF Sharing Vision & Co Founder BIM (Business Initiative Movement), Nur Islami Javad mengatakan, saat ini ekosistem pebisnis muda di Jawa Barat memiliki potensi sangat besar.

Para pebisnis muda ini penuh semangat dan kreatifitas sekalipun di musim pandemi. Sejumlah start up besutan pebisnis muda itu bahkan sudah peroleh suntikan dana puluhan miliar rupiah.

Menurut lelaki yang akrab disapa Jeff itu, yang paling penting bagi ekosistem pebisnis muda adalah terus belajar bersama sehingga muncul aneka sinergi dan kolaborasi. Tiap-tiap prosesnya tersebut akan berguna bagi diri dan terutama perkembangan bisnis ekosistem tersebut.

Untuk itu, kata Jeff, terselenggarakan acara Semangat 2020. Ini merupakan ajang bagi para pebisnis muda untuk unjuk gigi.

"Karena itu, kegiatan Semangat Award 2020 bukan semata-mata acara lomba namun tempat kita belajar bareng. Jadi, setiap insight akan berguna bagi perkembangan diri dan bisnis kita," katanya dalam berita tertulis diterima Merdeka Bandung, Rabu (30/12).

Penghargaan ini diikuti sekitar 180 peserta yang mendaftar, berasal dari berbagai Kota/Kabupaten di Jawa Barat, pun juga ada beberapa peserta yang berasal dari jakarta, Jawa Timur, Bali, hingga Kalimantan.

Dari jumlah tersebut, disaring 72 peserta melalui penilaian dewan juri antara lain Kepala Diskominfo Jawa Barat Setiaji, Kepala IDX Incubator Jawa Barat Achmad Dirgantara, Ketua Startup Bandung Grahadea Kusuf, dan wartawan ekonomi senior Jawa Barat Ai Rika Rachmawati.

Jeff melanjutkan, hasil penjurian diputuskan untuk kategori nominasi utama Top Digital Startup 2020 diraih Chatbiz.id, Top Foodpreneur 2020 (Insinyur Martabak), Top Fashionpreneur (Look at Me.), Top Sustainable Biz (Ecoplast.id), dan Top Upstream Biz 2020 (Inagri).

Adapun pemenang lainnya dalam Top 3 Digital Startup 2020 diraih pula oleh Create It dan SejutaCita, Top 3 Foodpreneur 2020 (Bongsang.id dan Cho-Cweet), dan Top 3 Upstream Biz 2020 (Dancing Pizza dan Keju Kahuripan). Untuk Top Halal Biz 2020 diraih Halal Local, Top 3 Fashionpreneur 2020 (DecHijabStore), Top Service Biz 2020 (Dicka Care), dan Top Healthy Biz 2020 (Puna Indonesia).

Untuk kategori nominasi umum gelar High Spirit Startup 2020 diraih Baduma.id, Ghesy Donuts, Danika Bites, Bosmuda, Mr. Mangkok, Happen. The Most Resilient 2020 oleh Igeneration.id, The Highest Spirit 2020 (Anton Arifin), dan High Spirit Lecturer (Dr. Ir. Tonton Taufik Rachman, MBA.).

Sementara itu, Kepala IDX Incubator Jawa Barat, Achmad Dirgantara menjelaskan, secara informal, ekosistem pendanaan pebisnis muda di Jawa Barat terdiri dari berbagai hal. Pebisnis bisa mencari permodalan dari bank ataupun non Bank.

"Untuk non Bank, salah satu alternatifnya adalah papan akselerasi. Konsep papan akselerasi adalah pendanaan bisnis dengan aset di bawah Rp50 Miliar , bahkan bisa di kisaran Rp10 hingga 50 M," papar Achmad.

Kredit

Bagikan