Edukasi Soal Menarche Penting Diketahui Anak Perempuan Sejak Dini

user
Endang Saputra 16 November 2020, 17:05 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Bagi anak perempuan, edukasi mengenai menstruasi sangat penting diketahui sejak dini, apalagi tentang menarche atau momen menstruasi pertama kali. Soalnya, usia menarche rupanya semakin dini dialami oleh perempuan.

Dalam acara peluncuran virtual website Charm Girls’ Talk, Ahli Gizi Beta Sindiana mengatakan, perkembangan gaya hidup dan pilihan makanan seperti junk food menjadi beberapa faktor yang membuat usia menarche menjadi lebih cepat

"Perkembangan tren gaya hidup sedentari dan pilihan makanan seperti restoran cepat saji, junk food (makanan tinggi kalori dan lemak namun rendah mikronutrien) juga menjadi faktor yang berhubungan dengan usia menarche yang lebih cepat. Terdapat korelasi antara frekuensi konsumsi junk food dengan usia menarche," jelas Beta saat jumpa wartawan secara virtual.

Lebih lanjut Beta menjelaskan, anak perempuan yang mengonsumsi junk food lebih dari dua kali per minggu, lebih banyak mengalami menarche dini atau kurang dari 12 tahun dari yang mengonsumsi junk food dua kali per minggu.

Beta juga menjelaskan bahwa ternyata menarche dini memiliki dampak negatif pada anak. Menarche dini diteliti memiliki hubungan dengan meningkatnya risiko obesitas abdominal, kanker payudara, resistensi insulin, penyakit kardiovaskular, dan hipertensi.

Seiring dengan konteks ini, bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional, PT Uni-Charm Indonesia Tbk melalui brand-nya Charm meluncurkan Website ‘Charm Girl’s Talk’ Edukasi Menstruasi Untuk Anak.

"Charm memiliki tanggung jawab tidak hanya untuk inovasi dan pengembangan produk, tetapi juga tanggung jawab sosial untuk menjadi pionir dalam mengedukasi masalah menstruasi di Indonesia. Menstruasi merupakan komponen esensial dari kesehatan reproduksi, sehingga pendidikan tentang menstruasi sangat penting, apalagi saat ini menarche sudah dialami sejak usia dini," ujar Yuji Ishii, President Director PT Uni-Charm Indonesia Tbk.

Lebih lanjut ia mengatakan, Charm melihat internet merupakan platform yang sangat potensial untuk memberikan edukasi kepada anak dan remaja mengenai menstruasi terutama di masa pandemi. Selama ini pun kami juga selalu mengadakan edukasi menstruasi secara langsung dengan pergi ke sekolah-sekolah.

"Dengan memberikan konten edukatif yang dapat diandalkan, Charm Girls’ Talk juga memiliki fitur games, dan UI/UX yang mudah digunakan, sehingga anak tidak merasa bosan dalam mempelajari menstruasi. Selain itu, pada interface website, terdapat pilihan orang tua atau anak, jadi website ini bisa menjadi konten edukasi untuk orang tua yang ingin belajar, sehingga dapat mengajarkan menstruasi untuk anaknya. Tidak sebatas hanya untuk anak," jelas dia.

Kredit

Bagikan