XL Axiata Ajak Emak-Emak Mengenal Teknologi Digital

user
Endang Saputra 21 Agustus 2019, 13:00 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Arisan tentu merupakan kegiatan yang akrab dengan ibu-ibu. Bila biasanya arisan identik dengan uang, berbeda dengan arisan yang diselenggarakan oleh PT XL Axiata Tbk (XL Axiata). Arisan yang digelar XL Axiata ini mengajak ibu-ibu untuk lebih dalam mengenal perihal pemanfaatan teknologi digital.

Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih mengatakan, tantangan bagi mayoritas perempuan terutama emak-emak, di era serba digital seperti saat ini adalah bagaimana memaksimalkan pemanfaatan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk itu, XL Axiata melalui program Sisternet bekerjasama dengan Kumpulan Emak Blogger (KEB) menggelar satu rangkaian edukasi literasi digital bernama ‘Arisan Ilmu’ di enam kota, sepanjang Juli hingga Agustus 2019. Tema ‘Arisan Ilmu’ di Bandung adalah ‘Optimisasi Media Sosial dengan VLOG’.

"Sesuai dengan namanya ‘arisan’, program ini berupa sharing keterampilan dan pengetahuan mengenai pemanfaatan teknologi digital untuk berbagai keperluan yang produktif dan positif dengan narasumber para praktisi berbagai bidang yang telah tergabung dalam KEB,” ujar Tri kepada Merdeka Bandung.

Enam kota tempat berlangsungnya acara Arisan Ilmu Sisternet ini adalah Jakarta pada 6 Juli 2019, Yogyakarta (13 Juli), Solo (14 Juli), Lampung (3 Agustus), Bandung (18 Agustus), dan Makassar (14 September). Materi acara di Jakarta, yaitu ‘Memaksimalkan Instagram Dengan Konten yang Menarik’. Di Yogyakarta, ‘Cara Membangun Social Media Engagement’.

Acara di Solo, ‘Hobi Menjadi Bisnis di Industri Kreatif’. Di Lampung dengan tema ‘Dari Hobi, Jadi Profesi yang Menguntungkan’. Di Bandung dengan tema ‘Optimisasi Media Sosial dengan VLOG’. Terakhir, di Makassar dengan tema ‘Ibu Pintar di Era Digital Zaman Now’.

"XL Axiata juga menyediakan konten video yang berisi beragam modul pintar dalam bentuk video dan artikel terkait literasi digital bagi para Ibu di Indonesia. Keseluruhan informasi tersebut dapat diakses melalui website,” jelasnya.

Kumpulan Emak Blogger (KEB) merupakan komunitas blogger yang berisi para perempuan dengan latarbelakang berbeda yang sudah dikaruniai anak ataupun belum. Komunitas ini berdiri sejak 18 Januari 2012, tersebar di berbagai daerah di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Solo, Lampung, hingga Makassar, Bengkulu, dan kota-kota besar lainnya.

Hal ini kemudian menjadi latarbelakang terciptanya kolaborasi antara Kelas Literasi Digital Sisternet dan Kumpulan Emak Blogger (KEB) yang peduli dengan kemajuan perempuan Indonesia melalui pemanfaatan teknologi digital saat ini. Harapannya, tingkat 'melek digital' kaum perempuan di berbagai daerah di Indonesia akan terus meningkat.

Kredit

Bagikan