Bandung Zoo Kini Miliki Dua Jenis Bambu Langka

user
Endang Saputra 11 Desember 2018, 12:32 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Bandung Zoo menambah koleksi tanaman bambunya. Kini, ada dua jenis bambu baru yang tergolong langka ditanam di sekitar patung Ema yang ada di dalam area Bandung Zoo. Dua bambu tersebut adalah bambu betung dan bambu mayan.

Bekerjasama dengan komunitas Citarum Akademik, ada 69 pohon bambu yang akan ditanam di Bandung Zoo. Rencananya, hingga tahun depan pihak Bandung Zoo akan melengkapi koleksi beragam jenis bambu.

"Kami tanam dua jenis bambu langka di sini yaitu bambu petung dan bambu mayan," ujar Ketua Citarum Akademik, Mastok kepada Merdeka Bandung saat ditemui dalam acara penanaman bambu di Bandung Zoo, Jalan Tamansari, Selasa (11/12).

Penanaman dua jenis bambu langka ini, kata dia, sebagai upaya pelestarian. Terlebih, manfaat bambu bagi lingkungan memang begitu baik. Soalnya, pohon bambu bisa menjaga sistem hidrologis sebagai pengikat tanah dan air.

Tak hanya itu, pohon bambu juga merupakan tanaman yang mampu menyimpan air dan karbon. Untuk serumpun bambu saja nyatanya mampu menahan air hingga 500 liter, serta. menghasilkan oksigen.

Nyatanya, satu batang bambu cukup menampung cadangan untuk dua orang bernafas. Artinya, serumpun bambu mampu menampung oksigen untuk menampung 200 orang bernafas.

"Untuk lokasi penanaman pohon bambu, kami memutuskan kerjasama dengan Bandung Zoo karena kalau saya belajar dari beberapa bulan lalu, ini tempat paling mudah untuk pembelajaran konservasi karena ada di depan mata. Sementara alamnya hijau lingkungannya baik juga bikin burung dan satwa lain betah," jelasnya.

Sementara itu, Marketing Communication Bandung Zoo, Sulhan Syafii mengatakan, penanaman pohon bambu ini sebenarnya dilatar belakangi oleh sang pemilik Bandung Zoo yang memiliki ketertarikan khusus pada bambu.

"Jadi dulu yang punya kebun binatang ingin ada bambu, segala jenisnya. Di sini berhasil menanam 12 jenis, lalu saya bertemu Mastok dan memiliki semua jenis bambu langka. Makanya pada tahap pertama ini kami berupaya melengkapi endemin jenis bambu Jawa Barat ada 48 jenis," kata pria yang akrab disapa Aan itu.

Kata Aan, pohon bambu ini memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah menarik banyak satwa untuk datang seperti burung dan ular. Selain itu juga pohon bambu yang diketahui mampu menampung banyak air itu tentunya bermanfaat khususnya bagi Bandung Zoo dan sekitarnya.

"Targetnya tahun depan Bandung Zoo memiliki koleksi bambu dengan lengkap yaitu 48 jenis," kata dia.

Kerjasama ini, lanjutnya, akan dijalin terus karena mampu memberikan manfaat bagi banyak orang. Tak hanya bagi manusia, bambu ini pun bisa dirasakan manfaatkan bagi para satwa.

Kredit

Bagikan