Inilah cara seru belajar sains tuk siswa SD yang dilakukan Gramedia

user
Endang Saputra 28 Oktober 2018, 13:19 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Gramedia punya cara seru mengajak anak-anak Sekolah Dasar lebih menyukai sains. Caranya, pada momen Science Day tahun ini Gramedia mengajak para siswa dan siswi dari kelas empat hingga enam untuk di Jawa Barat mengikuti kompetisi sains yang diselenggarakan di Graha Manggala Siliwangi, Sabtu (27/10).

Sejak tahun 2016 silam, Gramedia memang berhasil menyuguhkan acara kompetisi sains. Kegiatan tahunan ini pun berjalan mulus hingga saat ini karena animo peserta setiap tahunnya menunjukkan grafik positif. Tahun ini, jumlah peserta mencapai 223 tim. Setiap tim terdiri dari tiga orang siswa.

"Tahun lalu jumlah pesertanya mencapai 200an tim, sekarang ada 223 tim. Tentunya dengan meningkatkan jumlah peserta ini menunjukkan bahwa minat terhadap dunia sains ini sebenarnya besar," ujar Brand Activation and Sponsorship Gramedia, Wahyuning Tri Tunggal kepada Merdeka Bandung, Sabtu (27/10).

Menggaet Hello Panda sebagai partner, Gramedia kali ini mengadakan Science Day di dua kota sekaligus yakni Bandung dan Surabaya. Acara sendiri berlangsung pada Oktober dan November mendatang.

Untuk gelaran acara, kata dia, ada yang beda tahun ini. Penambahan presentasi pada bagian acara menjadi pembedanya. Tahun lalu, tak ada presentasi. Ini dinilai penting karena mampu mengajarkan para siswa untuk berani tampil di depan khalayak ramai dengan menunjukkan hasil karya yang dimilikinya.

"Tahun lalu hanya ujian soal teori dan eksperimen saja. Sekarang bedanya dikemas dengan tahap presentasi berbeda dari tahun sebelumnya. Kali ini Gramedia juga ingin memicu sisi kreativitas dan komunikasi dari anak-anak. Poin presentasi ini juga menjadi bahan pertimbangan bagi para juri untuk memberikan penilaian tambahan bagi tim, khususnya pemilihan satu peserta terbaik," jelasnya.

Dalam kegiatan ini, para mahasiswa juga turut dilibatkan sebagai volunteer yang tugasnya mendampingi para peserta selama acara berlangsung. Kurang lebih 100 mahasiswa, orangtua, guru, dan pihak sekolah turut meramaikan kegiatan ini.

Tak ketinggalan, hadiah menarik juga diberikan kepada pemenang. Hadiah uang tunai senilai jutaan rupiah akan diterima oleh peserta. Tidak hanya itu saja, pemenang juga akan mendapatkan trophy.

Wahyuning menjelaskan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu memberikan sisi menyenangkan dari belajar sains, memberikan tambahan pengetahuan dan uji kompetitif masing-masing siswa untuk dapat bersaing secara sportif, baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

Kredit

Bagikan