Peduli lingkungan, Synthesis Development gencar lakukan kampanye ganti sedotan

user
Endang Saputra 18 September 2018, 12:14 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Sejak dua bulan lalu, Synthesis Development lewat salah satu proprertinya yakni Synthesis Residence Kemang menggandeng Nes Peduli untuk bersama-sama melakukan hal positif yang bermanfaat bagi lingkungan. Upaya yang dilakukan adalah melakukan kampanye mengganti sedotan plastik dengan sedotan stainless.

Synthesis Residence Kemang Sales Manager, David Suryadisastra mengatakan, ini adalah upaya peduli lingkungan yang dilakukan oleh pihaknya dengan menggandeng gerakan pecinta lingkungan, Nes Peduli. Gerakan positif mengganti sedotan plastik dengan sedotan stainless ini memang hal kecil, namun mampu memberikan dampak besar bagi lingkungan.

"Kami mulai dari hal kecil dengan mengganti sedotan plastik ke stainless. Soalnya, begitu banyak sampah sedotan plastik dilautan, partikel-partikel kecil dari sedotan ini dimakan sama ikan dan ikannya dimakan sama kita, itu kan sangat berbahaya," ujar David kepada Merdeka Bandung, Senin (17/9).

Dari data yang dilansir Eco-Cycle selaku organisasi daur ulang nonprofit. Untuk hal ini, diperkirakan ada lebih dari 500 juta sedotan plastik sekali pakai digunakan setiap harinya di Amerika Serikat. Sementara di Indonesia, perkiraan pemakaian sedotan di Indonesia mencapai 93.244.847 batang setiap harinya.

Dibutuhkan waktu hingga 200 tahun untuk mengurai sampah plastik polypropylene untuk rusak di bawah lingkungan normal. Tak heran jika sampah sedotan sering kali berserakan dan cukup banyak ditemukan dilautan. Tak hanya mencemari, sedotan plastik juga berbahaya bagi seluruh makhluk yanh ada di laut.

Di Costa Rica, sebuah sedotan plastik yang cukup kecil itu justru membuat nasib penyu laut begitu malang. Lubang hidung penyu laut itu terluka dan berdarah karena sedotan plastik yang tersangkut dihidungnya. Kejadian ini baru saja terjadi dan tentunya menjadi tamparan hebat karena sebuah sedotan yang kecil justru menyakiti makhluk laut.

Banyaknya dampak negatif ini membuat Synthesis Residence Kemang belakangan tengah gencar melakukan kampanye penggantiaj sedotan plastik. Untuk itu, pihaknya menjadikan sedotan stainless sebagai souvenir bagi kolega ataupun calon penguni apartemen mereka.

"Cara kampanye ini adalah kami tidak akan menyediakan sedotan plastik, sebagai gantinya kami berikan sedotan stainless yang lebih ramah lingkungan soalnya bisa dicuci dan pakai lagi. Kami juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahayanya sedotan plastik," katanya.

Kredit

Bagikan