Blibli.com gelar kompetisi pengusaha terbaik, berhadiah Rp 1,1 miliar

user
Endang Saputra 19 Juli 2018, 18:24 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Blibli.com kembali menghadirkan ajang kompetisi pencarian pengusaha terbaik Indonesia bertajuk 'The Big Start Indonesia (TBS)' Ajang TBS yang memasuki Season 3 ini akan memperebutkan total uang tunai sebesar Rp 1,1 miliar.

PR & Community Manager Blibli.com, Christine Hartati mengatakan, program ini dimulai dengan dilakukannya rangkaian roadshow ke 5 kota besar di Indonesia yakni Bandung, Yogyakarta, Denpasar, Surabaya, Jakarta. Kota Bandung menjadi kota perdana yang dikunjungi TBS dari tanggal 20 hingga 22 Juli yang akan diselenggarakan di Cihampelas Walk.

Menurut Christine, aktifitas roadshow tahun ini akan menghadirkan konsep baru dengan memuat unsur lokal yang lebih kental dan sekaligus lekat dengan generasi muda seperti hadirnya pop up market, perbincangan dengan narasumber yang telah sukses sebagai pengusaha dalam usia muda dari masing-masing kota (local heroes), praktisi dan pemenang TBS tahun-tahun sebelumnya.

"Blibli sebagai penyelenggara melihat program TBS menjadi ajang yang sangat penting untuk terus diadakan sebagai sarana bagi para pengusaha kreatif muda untuk mewujudkan komitmen mereka dalam berbisniss serta membuktikan kepada masyarakat akan kecintaan dan semangat untuk terus berkreasi dalam mengembangkan bisnis yang pastinya memiliki peluang besar untuk berhasil di pasar lokal," ujarnya kepada awak media di Cihampelas Walk, Kamis (19/7).

Christine mengungkapkan, memasuki tahun 3 penyelenggaraan TBS, pihaknya memilih Bandung menjadi kota pertama karena dari event-event tahun sebelumnya selalu menemukan banyak sekali pengusaha kreatif di Bandung dan sekitarnya. Selain keunikan produk, para pengusaha lokal memiliki kekhasan dalam gaya mengkomunikasikan atau memasarkan produknya serta inovatif dalam mengemas produk yang mereka punya agar dapat diterima pasar khususnya pangsa pasar anak muda

"Dua tahun berturut turut penyelanggaraan TBS, Jawa Barat khususnya Bandung selalu menjadi juara yakni Rowland Asfales asal Bandung dengan produk sepatu kulit 'pijak bumi' (Juara 3 TBS Season 1 2016), Kris Samuel dengan produk kebutuhan camping dan daki gunung 'Uttara' (Juara 1 TBS Season 2 2017) dan Imas Mintarsih asal Sumedang dengan produk 'Oyoh De Kerupuk Jengkol' (Juara 3 TBS Season 2 2017)," ucapnya.

TBS tahun lalu telah sukses menggandeng lebih dari 20 ribu peserta kompetisi untuk kemudian oleh para kurator independen dan kompeten dibidangnya dipilih menjadi 20 pengusaha kreatif muda terbaik untuk bisa lanjut maju ke babak karantina dimana mereka akan diberikan pembekalan ilmu pemasaran melalui e commerce, penggunaan media sosiao yang efektif, pengelolaan keuangan, pajak dan hukum hingga perlindungan hasil karya melalui HAKI. Selain itu mereka juga akan diberikan tantangan setiap hari dari para juri untuk akhirnya terpilih 4 pengusaha untuk masui ke babak Grand Final.

Bagi para pengusaha kreatif yang ingin ikut serta dalam kompetisi TBS Season 3 lanjut Christine ada sejumlah persyaratan diantaranya pengusaha asli Indonesia berusia 18-45 tahun yang memiliki ketagori modal usaha kecil menengah, produk berjenis kuliner, fesyen, kosmetik atau kecantikan dan kriya yang dikembangkan sendiri.

Dia menargerkan ada 15 ribu peserta yang akan ikit berkompetisi dari seluruh Indonesia pada tahun ini. Nantinya akan terpilih 4 pengusaha kreatif muda Indonesia di Season 3 yang akan memperebutkan posisi juara dan total uang tunai sebesar Rp 1,1 miliar.

"Melihat antusiasme dari para pengusaha kreatif untuk ikut serta dalam kompetisi ini yang terus meningkat pastinya ke depan Blibli.com akan terus memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan kompetisi seperti ini, karena penting bagi Blibli.com sebagai e commerce lokal dapat memberikan komitmrn penuh dalam membantu menciptakan ruang bagi pengusaha kreatif muda khususnya untuk mendapatkan kesempatan mengembangkan bisnis mereka secara profesional," paparnya.

Sr. Brand Strategy Manager Blibli.com, Maria Hermina menambahkan pada TBS Indonesia Season 3 ini juga ada kejutan spesial bagi para peserta yang berhasil menembus babak final. Nantinya akan dibuat kolaborasi membuat produk khusus antara peserta dengan pengusaha sukses.

"Tahun ini ada special project kami mengajak pengusaha yang sukses untuk bekerjasama dengan produk lokal akan kami pertemukan dan berkolaborasi membuat sebuah produk yang khusus ditampilkan dalam The Big Start Season 3," ungkapnya.

Para pengusaha kreatif yang ingin unjuk konsepnya bisa daftar melalui website www.thebigstart.blibli.com atau datang langsung ke acara roadshow. Dalam website tersebut juga terdapat detail kriteria produk yang ditentukan masuk dalam TBS Indonesia Season 3 meliputi empat konsep utama yaitu kuliner, fashion, kecantikan dan kriya.

Kredit

Bagikan