Es kepal milo kurma, camilan viral yang segar dijadikan takjil

user
Endang Saputra 21 Mei 2018, 16:18 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Saat bulan suci Ramadan, kurma kerap dijadikan sebagai menu wajib saat berbuka puasa. Buah yang tumbuh subuh di tanah Arab Saudi itu menjadi menu takjil yang rupanya juga disunahkan menurut agama Islam.

Selama ini, sebagai menu pembatal puasa kala adzan magrib berkumadang, buah kurma biasanya disantap bersama segelas teh manis. Hangat dan manis kolaborasi antara kurma dan teh manis memang sangat pas.

Namun apa jadinya bila kurma tersuguh dalam camilan es milo kepal yang belakangan tengah viral dijagad kuliner? Wah, tentu saja ini menjadi hal yang menarik.

Pasangan suami istri, Erik Benyamin dan Tira Hartati yang merupakan pemilik Gerobak Viral memanfaatkan momen Ramadan untuk menyuguhkan hal berbeda. Bila selama ini es milo kepal disuguhkan dengan oreo, kacang, ataupun meses sebagai toping, hal lain justru dilakukan oleh Gerobak Viral.

Kedai es milo kepal itu menjadikan kurma sebagai topingnya. Untuk setiap cup es milo kepal, Gerobak Viral memberikan dua buah kurma pada bagian atasnya sebagai toping. Kurmanya pun diakui berbeda dan memiliki rasa lezat hingga membuat ketagihan.

"Menjadikan kurma sebagai toping memang hadir saat Ramadan, biar kerasa puasanya," ujar Erik kepada Merdeka Bandung saat ditemui di Gerobak Viral Jalan Sariasih, Senin (21/5).

Sementara itu, sang istri, Tira menjelaskan bahwa kehadiran kurma sebagai toping rupanya menghadirkan daya pikat tersendiri. Seolah menjadi magnet, es milo kepal bertoping kurma laris manis selama Ramadan.

"Enggak jarang juga konsumen yang beli buat nambah kurmanya jadi toping. Soalnya kurma kita beda, rasanya enak banget. Makanya banyak yang suka. Kita enggak kasih kurma sembarangan," tutur Tira.

Pada momen Ramadan yang baru berjalan beberapa hari ini, setiap harinya Gerobak Viral di Jalan Sariasih ini berhasil menjual hingga 100 cup. Angka tersebut memang cukup jauh bila dibandingkan dengan hari biasanya yang mencapai angka 250 hingga 300 cup setiap harinya.

"Kalau lagi puasa gini waktunya kan pendek, jadi pasti menurun penjualannya. Sehari 100 cup juga sebenernya bagus sih buat diawal-awal puasa ini. Mungkin orang-orang masih identiknya kalau takjil itu kolak, gorengan, atau makanan lain yang memang identik sama Ramadhan," paparnya.

Dibanderol dengan harga Rp 10 ribu per cup, kini Gerobak Viral sudah hadir di 16 lokasi. Mulai dari Bandung, Sukabumi, Tasik, hingga Makassar. Es yang tengah tenar dimedia sosial itu memang tengah menjadi buruan para pecinta kuliner manis.

Gerobak Viral hadir dengan dua macam saus yakni milo dan green tea. Untuk toping selain kurma, ada pula oreo, kacang, sereal cokelat, milo ball, marshmellow, choco chips, serta choco ball.

Kredit

Bagikan