Kadisdik Jabar pantau pelaksanaan UNBK di SMAN 3 dan 5 Bandung

user
Mohammad Taufik 09 April 2018, 14:34 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Ahmad Hadadi meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA di SMAN 3 dan 5 Kota Bandung, Jalan Belitung, Senin (9/4). Kedatangan Hadadi ini untuk memastikan pelaksanaan UNBK berjalan lancar.

Menurut dia, dalam pelaksanaan UNBK tahun ini diiikuti oleh 213.078 siswa SMA di 1.530 sekolah di Jawa Barat secara serentak. Pelaksanaannya akan digelar dari tangal 9-12 April 2018.

"Pelaksanaan UNBK 2018 ini seratus persen berbasis komputer dan diikuti oleh seluruh sekolah. Alhamdulillah secara keseluruhan kami sudah mempersiapkan untuk pelaksanaan unbk sma," ujar Ahmad kepada wartawan di lokasi, Senin (9/4).

Menurut dia, pihaknya telah menyiapkan server sebanyak 8.816 serta 260.956 unit komputer untuk pelaksanaan UNBK ini. Lantaran keterbatasan komputer, untuk waktu pengerjaannya dibagi ke dalam tiga sesi.

"Ya idealnya ke depan kita ingin dua sesi. Tahun ini kami menyelenggarakan tiga sesi, artinya perbandingannya satu komputer untuk tiga peserta didik. Ke depan satu komputer untuk dua peserta didik," katanya.

Hadadi memastikan tidak akan ada kecurangan dalam pelaksanaan UNBK. Pihaknya telah melalukan antisipasi sebelumnya agar kasus kebocoran soal tidak terjadi dalam pelaksanaan UNBK.

"Kami secara sistem teknologi dengan berbasis komputer tingkat kebocoran nyaris tidak ada, karena semua dikontrol. Kami juga melakukan singkronisasi antara kementerian pendidikan kebudayaan dengan kami satuan pendidikan. Jadi server dari pusat dengan server dari sekolah itu connect dan semua dipastikan semua aman. Tidak akan ada kecolongan. Soalnya juga beragam dan tidak bisa dibuka sebelum pelaksanaannya tiba, bahkan jika siswa ketahuan jika soal bocor maka akan langsung diacak kembali dan siswa tidak akan mengetahuinya," ujarnya.

Pelaksanaan UNBK akan digelar selama empat hari. Pada hari pertama mata pelajaran yang diujikan yakni Bahasa Indonesia. Kemudian hari kedua Matematika, hari ketiga Bahasa Inggris, dan hari terakhir adalah mata pelajaran pilihan sesuai jurusan.

Kredit

Bagikan