Penyaluran kredit UMKM tumbuh, BCA terus genjot keterampilan para pelaku usaha

user
Endang Saputra 02 April 2018, 10:16 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Penyaluran kredit untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang dilakukan PT Bank Central Asia (BCA) rupanya terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

"Tahun lalu saja, total penyaluran kredit komersial serta usaha UMKM mengalami peningkatan hingga 10,3 persen. Tentunya ini kabar baik ya untuk sektor UMKM yang terus berkembang," ujar Vice President Coorporate Social Responsibility (CSR) BCA, Ira Bachtar, belum lama ini.

Peningkatan 10,3 persen itu bila dinominalkan setara dengan Rp 167,49 triliun. Tentunya ini bukan nominal yang kecil bagi pengembangan sektor UMKM.

Melihat dari terus meningkatnya penyaluran kredit tersebut, BCA tidak henti-hentinya berupaya memberikan dukungan untuk pengembangan sektor UMKM.

"Kami berupaya untuk terus mendukung pengembangan UMKM dalam menghadapi tantangan ekonomi di era digital. Salah satu bentuknya adalah 'Seminar Makro Ekonomi di era digital 2018'," papar dia.

Acara yang diikuti oleh 100 orang pelaku usaha UMKM Kota Bandung ini menghadirkan pula Advoser UMKm dan SME Kantor Wilayah (Kanwil) I BCA Bandung Alexander Lee dan Vice President Divisi Bisnis Kecil dan Menangah (DKBM) Ade Bachtiar. Juga menghadirkan Ekonom BCA David E Sumual.

"Ini salah satu upaya yang kami lakukan agar bisa memberdayakan masyarakat untuk mampu tumbuh dan maju secara mandiri. Melalui program yang berkelanjutan yakni seminar dan pelatihan, BCA senantiasa berkomitmen untuk memfasilitasi pelaku UMKM agar dapat mengembangkan usahanya dalam jangka panjang," jelas dia.

Beberapa kegiatan yang pernah dilakukan diantaranya memberikan konsultasi dan pelatihan mengenai laporan keuangan sederhana dan perpajakan bagi UMKM.

"Kali ini, BCA memfasilitasi para pelaku UMKM di Bandung dengan seminar makro ekonomi di era digital, marketing online, sharing session debitur UMKM dan praktek foto produk," katanya.

Kredit

Bagikan