Latihan di alam bebas akan menjadi agenda rutin PB Djarum

user
Endang Saputra 28 Februari 2018, 10:21 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Atlet muda PB Djarum batch 2 tuntas melaksanakan kegiatan Outbound di markas Zone 235 Outdoor Training Center, Cikole, Lembang pada Selasa (27/2) kemarin. Para atlet dari kelompok usia 15 tahun ke bawa ini ditempa mentalnya selama dua hari di hutan pinus Bandung Utara.

PB Djarum berencana menggelar kegiatan pembinaan mental di alam terbuka secara rutin. Kegiatan ini dianggap mampu untuk membentuk mental dan karakter para atlet.

Pelatih tunggal putra U-13 Engga Setiawan mengatakan, kegiatan pembinaan mental di alam terbuka bukanlah yang pertama kali dilakukan. Kegiatan ini telah dimulai sejak 2011 lalu.

"Di sini merupakan penempaan karakter kepada para atlet muda PB Djarum seperti waktu itu tahun 2011. Kemudian kedisiplinan yang semoga bisa berimbas di dalam dan di luar lapangan," ujar Engga kepasa awak media.

Dari hasil evaluasi kegiatan selama dua hari berdampak positif kepada para anak didiknya. Dia melihat mereka sudah mulai mengerti tetang bagimana mengikuti intruksi, dan lebih mandiri dari sebelumnya.

"Sebelumnya mereka merasa zona nyaman di mana semuanya tercukupi dan tersedia ketika di sini mereka merasa sesuatu yang berbeda. Nah di situ saya berharap sekembalinya dari sini mereka memiliki karakter lebih dan lebih kuat lagi tidak manja disiplin lebih bertanggung jawab. Jadi efeknya nanti ke lapangan lebih bagus lebih bertanggung jawab,"katanya.

Menurut Engga, ada beberapa kebijakan yang akan diterapkan setelah mereka kembali ke asrama seperti penerapan punishment saat tidak mengikuti aturan yang sudah di terapkan.

"Ada beberapa kebijakan yang kemarin Saya lihat bagus juga untuk diterapÄ·an di asrama. Seperti ketika mereka tidak mendengarkan instruksi, kita langsung tindak contohnya push up," ucapnya.

Sementara itu Pelatih Tunggal Putri PB Djarum U 15 Ellen Angeline menambahkan, dari hasil kegiatan ini diharapkan para atlet yang masih muda ini mampu untuk menerapkan dan membiasakan segala hal yang telah mereka dapatkan baik dari baik diluar maupun dalam lapangan. Untuk melecut semangat mereka, diperkenalkan sosok Kevin Sanjaya yang merupakan pebulu tangkis terbaik pria dunia 2017. Sebelum menjadi besar seperti sekarang, sosok Kevin juga ditempa fisik dan mentalnya di Cikole.

"Kevin bisa dijadikan contoh untuk memotivasi semangat mereka, agar mereka ingin jadi seperti sosok yang sudah berhasil," ucap dia.

Salah satu atlet PB Djarum asal usia 15 tahun asal Kota Bandung Yasyfi Hafiz mengaku kegiatan outbound ini memiliki dampak yang besar untuk melatih kedisiplinan. Yasyfi yang tahun ini naik kelas ke kelas usia 17 tahun memiliki mimpi ingin masuk final sirkuit nasional nas di Purwokerto yang ama digelar beberapa bulan kedepan.

Kredit

Bagikan