Mabes Polri izinkan Anton Charliyan ikuti penjaringan bacagub Jabar dari PDIP

user
Mohammad Taufik 24 Oktober 2017, 15:58 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Wakalemdiklat Polri Irjen Pol Anton Charliyan memastikan, akan menghadiri 'Curah Gagasan' yang digelar PDIP di Hotel Horison, Kota Bandung pada Rabu (25/10). Curah gagasan itu bagian dari proses penilaian untuk menghadapi Pilgub Jabar 2018 mendatang.

Mantan Kapolda Jabar tersebut mengatakan, ‎kehadiran dirinya untuk ikut dalam proses demokrasi di tubuh PDIP tersebut tentu atas izin pimpinannya di Polri. "Iya saya akan hadir dan saya juga sudah dapat izin dari Kalemdiklat," kata Anton saat dikonfirmasi wartawan Selasa (24/10).

‎Menurut dia, Polri tidak mempersoalkan keikutsertaannya itu. Terlebih, kata dia, undangan ini menjadi kebanggaan bagi institusinya. "Dari Polri kalau ada pinangan (partai) itu sebuah kebanggaan. Kalau yang bersangkutan berminat, dan ada kebanggaan, Insha Allah (Kapolri) akan mengizinkan," ujarnya.

Anton mengaku tidak melakukan persiapan khusus untuk menghadapi seleksi tersebut, hanya saja dirinya akan siap untuk mencari peruntungan sebagai calon gubernur pada Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018.

Dia juga mengaku sudah memiliki beberapa visi misi terkait Jabar yang akan disampaikan pada kesempatan tersebut. "Intinya membuat masyarakat Jawa Barat makmur sejahtera berkah sampai ke anak cucu," katanya.

Dia pun memastikan sudah memahami persoalan yang ada di Jawa Barat karena pernah lama bertugas di provinsi tersebut. Menurut dia yang harus dilakukan ketika terpilih nanti yakni memperkuat keamanan dan stabilitas di wilayahnya.

"Intinya harmoni. Kekuatan ada di dalam kebersamaan. Semua masalah harus kita hadapi dengan serius, bukan main-main," ujarnya.

Sekretaris DPD PDIP Jawa Barat Abdy Yuhana sebelumnya menyebutkan, acara uji gagasan bagi bakal calon Gubernur Jabar tersebut akan dihadiri 9 figur. Sembilan figur yang sudah diundang itu berasal dari penjaringan PDIP dan di luar penjaringan yang sudah dipantau PDIP sebagai bakal calon gubernur potensial.

Mereka adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Mantan Kapolda Jabar Irjen Pol Anton Charliyan, Wagub Jabar Deddy Mizwar, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, dan Netty Heryawan.

Adapun empat nama lainnya, Sekda Jabar Iwa Karniwa, Bupati Majalengka Sutrisno, Abdy Yuhana dan Puti Guntur Soekarno Putri merupakan figur yang sudah mendaftarkan diri dan mengikuti penjaringan.

Kredit

Bagikan