Anton Charliyan mau maju Pilgub Jabar asalkan didorong parpol dan direstui kapolri

user
Mohammad Taufik 05 Oktober 2017, 15:27 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Irjen Pol Anton Charliyan menyatakan ketertarikannya maju di Pilgub Jabar 2018. Mantan Kapolda Jabar tersebut siap bertarung dalam kontestasi politik jika memang ada dukungan buat dirinya, mulai dari institusi Polri, partai dan masyarakat langsung.

"Kalau partai dukung, masyarakat dukung, dan pimpinan saya langsung Bapak Kapolri (Jenderal Tito Karnavian) dukung, saya siap," kata Anton yang merupakan Wakalemdiklat Polri saat berbincang dengan merdeka.com, Kamis (5/10).

Dorongan Anton maju di Pilgub Jabar memang sudah lama terjadi, terutama ketika dirinya menjabat sebagai Kapolda Jabar. Anton menyatakan beberapa kelompok masyarakat ada yang menginginkannya maju di Pilgub Jabar. Namun jenderal polisi bintang dua tersebut masih mengukur diri apakah layak untuk ikut maju di Pilgub Jabar atau tidak.

"Kalau dari mereka (organisasi masyarakat) dorongan ada. Saya tersenyum saja. Saya juga menolak tidak bagus. Memutus harapan orang tidak bagus. Tapi saya juga istilahnya tidak mau ke geeran makannya saya ukur diri dulu," katanya.

"Semua harus lengkap dukungannya. Kita-kan kalau tidak ada legitimasi politik ga bisa. Semua harus harmoni. Sekarang masyarakat mendukung, Legitimasi mendukung, lalu pimpinan enggak mendukung? Kan bisa diganjal," ujarnya menambahkan.

Masa purna Anton sendiri dari Polri memang baru berakhir pada akhir 2018. Adapun Pilgub Jabar dilangsungkan Juni 2018. Namun untuk mengikuti tahapan Pilgub Jabar, Anton harus pensiun dini mengingat tahapan Pilgub sudah dimulai Januari tahun depan.

"Saya pensiun akhir 2018, mungkin saya masih diperlukan di Polri sampai akhir. Saya juga sadar Polri yang membesarkan saya sampai saat ini," kata pria kelahiran Tasikmalaya 29 November 1960 silam.

Kredit

Bagikan