Gerindra dekati poros Demokrat, PKS nilai untuk perluasan koalisi

user
Mohammad Taufik 15 September 2017, 18:07 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memandang positif manuver Gerindra yang melakukan komunikasi politik ke poros Demokrat cs. Jusru apa yang dilakukan Mulyadi, pimpinan Gerindra Jabar bagian dari upaya perluasan koalisi.

"Pak Mulyadi yang mendekati poros baru, saya yakin itu untuk perluasan (melakukan koalisi)," kata Ketua DPW Partai PKS Ahmad Syaikhu saat dihubungi wartawan, Jumat (15/9).

Sebelumnya, Mulyadi bertemu dengan Ketua DPD Demokrat Iwan Sulandjana, Ketua DPW PPP Ade Munawaroh dan Ketua DPW PAN Hasbullah di Bogor, Kamis (14/9). Pertemuan itu membahas potensi koalisi yang mana sebelumnya sudah membuat poros.

Namun Syaikhu yang sudah diusung sebagai bakal calon Wakil Gubernur Jabar ‎menegaskan, PKS tetap berpegang pada komitmen yang sudah dijalin dua pimpinan partai. Sehingga dia memastikan PKS dan Gerindra masih bersama untuk Pilgub Jabar 2018.

"Kan DPP PKS sudah mengerahkan kita harus berkoalisi dengan Gerindra selama ini dijaga dengan baik oleh presiden partai dan juga Pak Prabowo. Jadi semua masalah koalisi itu ada arahan dari pusat," katanya.

"Pak Mulyadi tidak akan berjalan sendiri tapi dengan arahan DPP Gerindra. Kami sudah sepakat kalau koalisi utama Gerindra dan PKS ini ditambahkan silakan mengajak partai-partai yang lain," kata Wakil Wali Kota Bekasi tersebut.

Duet Gerindra dan PKS sendiri menurutnya sudah banyak menelurkan pemimpin-pemimpin di banyak daerah. Mesin partai yang sudah berjalan baik harapannya bisa dilanjutkan kembali, sehingga dia meyakini dua partai ini akan kembali sejalan terkait Pilgub Jabar.

Apalagi Gerindra yang sudah mengusung Deddy Mizwar tidak mudah melepas begitu saja karena potensi untuk menang cukup besar. Sehingga Demokrat, PPP dan PAN yang berada di poros baru bisa mempertimbangkan bergabung dengan Gerindra-PKS.

"Adanya perluasan koalisi ini sangat mungkin karena kita dalam pilkada ini dengan memperhitungkan mesin partai dan figur calon yang bagus. Kami sangat berpotensi menang di pilkada dengan dua faktor itu," katanya.

Kredit

Bagikan