Rilis survei Instrat sebut 3 nama ini calon kuat pengganti Emil

user
Farah Fuadona 18 April 2017, 14:48 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Indonesia Strategic Institute (Instrat) merilis hasil survei persepsi warga Kota Bandung terkait Suksesi Kepemimpinan Kota Bandung 2018. Nama Ridwan Kamil masih berada di urutan teratas sebagai calon wali kota Bandung baik dari segi popularitas maupun elektabilitas.

Analis senior Instrat, Adi Nugroho mengatakan, dari hasil survei tersebut masyarakat menilai Ridwan Kamil telah berhasil memimpin Kota Bandung dengan tingkat persetujuan sebesar 82 persen. Selain itu Ridwan Kamil dianggap menjadi Wali Kota yang lebih baik dari sebelumnya.

"Jadi bisa dikatakan bahwa ekspektasi publik pada Kang Emil dan Mang Oded untuk memimpin periode kedua sangat besar. Tapi kan Kang Emil sudah menetapkan ingin ke Jabar," ujar Adi kepada wartawan di Hotel Mitra, Jalan WR Supratman, Senin (17/4).

Adi menyebut, ada tiga nama yang berada di urutan teratas yang memiliki popularitas setelah Ridwan Kamil. Urutan pertama yakni Oded M Danial sebesar 83,2 persen, tempat kedua yakni Atalia Praratya sebesar 72 persen dan M Farhan 55,8 persen. .

"Oded adalah petahana, Atalia istri dari petahana (Ridwan Kamil) dan M. Farhan adalah artis. Ketiga tokoh tersebut memiloki popularitas yang tinggi," katanya.

Salah satu hal yang menarik lanjut Adi bila dibandingkan dengan satu tahun sebelum Pilkada pada 2013 lalu yakni terkait tingkat popularitas bakal calon yang akan muncul sudah memiliki modal popularitas. Namum demikian masih ada rentang waktu selama satu tahun bagi para calon untuk meningkatkan popularitas dan elektabilitas.

"Masih ada waktu lebih dari satu tahun menuju Pilkada 2018. Masih sangat memungkinkan bagi bakal calon yang ada berkompetisi menaikan tingkat popularitas dan potensi elektabilitasnya," katanya.

Kredit

Bagikan