Barka, relawan pendukung Emil maju jalur independen targetkan 2,5 juta

user
Mohammad Taufik 02 April 2017, 13:36 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Tim relawan Baraya Ridwan Kamil (Barka) mendeklarasikan diri mendukung Wali Kota Bandung Ridwan Kamil maju di Pilgub Jabar 2018. Sebagai bentuk dukungan, Barka menjanjikan 2,5 juta KTP agar Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, bisa maju dari jalur independen atau perseorangan.

Deklarasi dukungan terhadap Emil ini dilakukan di Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang, Kota Bandung, Sabtu (1/4). Hadir ratusan relawan berbaju putih dari berbagai perwakilan daerah di Jawa Barat.

"Kita menargetkan ada 2,5 juta KTP yang nantinya bisa jadi bekal untuk maju sebagai syarat independen," kata ‎Ketua Barka Budi Zaboer Irawan dalam keterangan persnya.

Dia mengatakan, 2,5 juta KTP akan dikumpulkan relawan di 27 kabupaten/kota sebagai syarat daftar ke KPU Jabar jika memang maju dari perseorangan. Syarat dari KPU sendiri yakni 2,21 juta. "Dengan target 85 ribu per kabupaten/kota kita yakin bisa terkumpul."

Pihaknya menyampaikan, alasan mendukung Ridwan Kamil untuk bisa menjadi bakal calon gubernur Jabar. Bagi dia, Jabar butuh sosok pemimpin inovatif. Perubahan yang ada di Bandung saat ini menurutnya dibutuhkan juga untuk dibawa ke Jawa Barat.

"Jadi kita itu ingin Jabar bisa lebih baik. Kita pun berharap beliau maju di independen," terangnya. Jika target 2,5 juta tercapai artinya Emil sah-sah saja maju tanpa harus meminta dukungan partai. Apalagi independen juga akan satu paket dengan bakal calon wakil gubernur Jabar.

Disinggung jika Emil pada akhirnya memilih partai sebagai kendaraan politik, menurutnya itu tidak masalah. Jika ada partai politik yang ingin mengusung Emil namun sejalan dengan satu visi serta misi, Barka, itu tentu bisa berjalan beriringan.

"Tergantung parpolnya. Kalau ada kontrak politik dan merugikan, kita tolak. Kalau kerja tanpa syarat dan murni untuk rakyat, Mari jalan beriringan (dukung Emil)," ujarnya seraya menyebut dukungan itu sudah diketahui langsung Emil.

Dalam waktu dekat ini pihaknya mengaku akan langsung mengukuhkan struktur organisasi di 27 kota dan kabupaten di Jawa Barat. Dia juga akan mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai keberadaan relawan yang mendukung Emil.

Kredit

Bagikan