Setiap Rabu dan Minggu pedagang Cihampelas harus pakai baju pangsi

user
Mohammad Taufik 04 Februari 2017, 14:53 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Para pedagang kaki lima (PKL) Cihampelas kini sudah menempati tempat baru di Teras Cihampelas. Ada 192 pedagang yang menempati kios untuk pedagang kuliner dan suvenir.

Untuk memberikan ciri khas, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meminta kepada pedagang untuk mengenakan baju pangsi setiap hari Rabu dan Minggu. Pakaian khas adat Sunda ini akan dikenakan oleh pedagang setiap hari Rabu dan Minggu.

"Setiap hari Rabu dan Minggu mereka akan berpakaian Sunda. Ini unik sebagai komitmen dari program Rebo Nyunda," kata Emil, Sabtu (4/2).

Emil mengungkapkan, alasan pemilihan hari Minggu untuk menggunakan pakaian khas adat Sunda kepada para pedagang, dengan pertimbangan banyaknya wisatawan datang di akhir pekan. Sehingga ketika melayani wisatawan, para pedagang memiliki ciri khas unik

"Kalu weekend ketemu warga dari luar biasanya di hari Minggu," ujarnya.

PKL harus jaga kebersihan

Selain itu, Ridwan Kamil juga meminta pedagang untuk menjaga kebersihan Teras Cihampelas. "Saya titip ke PKL untuk jaga kebersihan. Kalau cinta Bandung, cinta Cihampelas jangan nunggu ada petugas membersihkan, tapi harus berinisiatif jika ada sampah," ujar Emil.

Tak hanya itu, Emil juga meminta pedagang untuk meningkatkan kualitasnya baik dari barang dagangan maupun pelayanan.

"Setelah pindah ke sini harus makin berkualitas. Barang yang dijual harus berkualitas, cara melayani pelanggan juga harus ramah khas orang Bandung," tuturnya.

Di tempat sama, Koordinator Forum Komunikasi PKL Cihampelas, Agus, menyatakan siap menjaga kebersihan Teras Cihampelas seperti yang disampaikan Wali Kota.

"Kami para PKL siap menjaga kebersihan, ketertiban, keindahan Teras Cihampelas," katanya.

Menurut dia, PKL sendiri memiliki rencana pengelolaan Teras Cihampelas seperti Iuran harian pedagang skywalk yang besarnya Rp 5000 sampai dengan 7500. Selain itu pengelolaan toilet bagi pengunjung sebesar Rp 2000 dan pedagang Rp 1000.

"Kami memiliki rencana pengelolaan skywalk untuk anggaran kebersihan seperti iuran toilet," kata Agus.

Skywalk Cihampelas telah diresmikan Wali Kota Bandung hari ini. Hal ini disambut antusias oleh para pedagang yang telah menempati tempat berdagang yang baru tersebut

Para pedagang sendiri telah mulai berjualan pada Rabu (1/2) lalu. Beragam pedagang mulai dari pedagang kuliner, dan aneka suvenir seperti kaos, serta aksesoris yang berjulamlah 192 PKL mulai menempati kios-kios yang disediakan di Teras Cihampelas.

Kredit

Bagikan