Ini Teras Cihampelas, tempat relokasi untuk PKL Cihampelas

user
Mohammad Taufik 31 Januari 2017, 16:07 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pembangunan Skywalk di Jalan Cihampelas kini telah selesai dikerjakan. Bangunan yang kini diberi nama Teras Cihampelas ini telah siap digunakan untuk menampung para pedagang di Jalan Cihampelas.

Berdasarkan pantauan Merdeka Bandung, Teras Cihampelas ini memiliki panjang sekitar 500 meter. Bangunan ini berdiri di atas Jalan Cihampelas. Teras Cihampelas melintang dari depan RS Advent hingga depan Hotel Promenade Cihampelas.

Lokasi ini merupakan jalur pedestrian bagi pejalan kaki. Selain menjadi jalur pedestrian, Teras Cihampelas juga menjadi tempat bagi PKL yang biasa berjualan di Jalan Cihampelas. Para pedagang yang biasa berjualan di sepanjang Jalan Cihampelas akan dipindahkan ke atas sky walk.

Sejumlah kios-kios untuk berdagang telah disediakan di area Teras Cihampelas. Untuk menambah kesan asri, juga dibangun jalur hijau, berupa tanaman tanaman kecil yang berada di kedua sisi jembatan. Di lokasi ini juga tampak dipasang sejumlah fasiltas seperti tempat duduk, toilet, PJU.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM Kota Bandung Priana Wirasaputra sempat meninjau ke lokasi Teras Cikapundung. Menurut Priana, lokasi Teras Cikapundung telah siap digunakan untuk para PKL Cihampelas

"Menindaklanjuti pertemuan tadi malam sudah ada pertemuan antara Pemkot Bandung dan 192 PKL Cihampelas. Hari ini secara kontruksi sudah selesai 100 persen sehingga sudah siap untuk ditempati dan dipersilakan PKL hari ini untuk bisa berbenah mempersiapkan dagangannya di tempat atau kiosnya masing-masing," ujar Priana kepada wartawan.

Dia berharap dengan adanya Teras Cihampelas ini dapat meningkatkan kesejahteraan bagi para pedagang Cihampelas.

"Dengan adanya Teras Cihampelas ini semoga berdampak kepada kemajuan usahanya menjadi lebih baik. Ya setidaknya ada pergeseran status usaha dari PKL ke mikro, mikro ke menangah. Jadi bagaimana meningkatkan status mereka," ujarnya.

Pedagang belum mau pindah

Meski Pemkot Bandung telah menyilakan para PKL Cihampelas untuk memindahkan barang dagangannya ke atas skywalk, hampir seluruh pedagang belum pindah. Mereka masih berbenah sebelum pindah dari Jalan Cihampelas ke atas skywalk.

Berdasarkan pantauan Merdeka Bandung, kios- kios yang berada di skywalk tampak masih kosong. Belum ada pedagang yang memindahkan barang dagangannya ke kios yang telah disediakan.

Wawan (41), salah seorang pedagang kacamata di Jalan Cihampelas mengaku belum pindah ke atas skywalk. Sebab sebagian besar pedagang saat ini sedang menentukan untuk pemilihan kios.

"Para pedagang sedang berada di kecamatan/kelurahan untuk pemilihan kios. Mekanismenya dikocok. Jadi belum dipindahkan barang dagangannya. Saya juga nanti akan ke kecamatan," ujar Wawan.

Menurut dia, setelah masing-masing pedagang mendapatkan nomor, pedagang akan segera pindah ke kios-kios yang telah ditentukan. "Kan ada waktu 2 hari untuk pindah. Mungkin baru besok para pedagang pindah ke skywalk," katanya.

Berdasarkan catatan, ada 192 pedagang terdaftar dan berhak pindah dari Cihampelas bawah ke kios skywalk. Proses perpindahan pedagang sendiri dilakukan 2 hari, yaitu hari Selasa dan Rabu. Pada Kamis lusa, para pengunjung sudah bisa membeli produk-produk Bandung di sana. Adapun untuk acara peresmian rencananya akan dilaksanakan pada akhir pekan ini.

Kredit

Bagikan