Harga cabai di Bandung tembus Rp 70 ribu per kg

user
Muhammad Hasits 05 Desember 2016, 18:57 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Hargai cabai di Kota Bandung masih melonjak tinggi. Harga eceran di pasar tradisional mencapai Rp 70 ribu perkilogram.

Kepala Seksi Perlindungan Konsumen dan Metrologi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) KUKM Kota Bandung Yusuf Ramdhani mengatakan harga normal cabai di pasar tradisional rata-rata hanya Rp 30 ribu per kilogramnya. Namun sudah selama tiga pekan kenaikan harga sudah mencapai Rp 70 ribu.

"Pemantauan harga barang kebutuhan pokok di lima pasar tradisional yang ada di Kota Bandung rata-rata harga cabai masih tinggi yakni Rp 70 ribu dan belum turun sejak tiga minggu lalu," ujar Yusuf kepada Merdeka Bandung, Senin (5/12).

Menurut dia, faktor cuaca yang memasuki musim penghujan mempengaruhi pasokan cabai. Pasokan yang minim dinilainya masih menjadi faktor utama melonjaknya harga cabai di pasaran.

"Pasokan minim karena faktor cuaca masih kurang mendukung. Akibatnya cabai mudah membusuk," katanya.

Yusuf menyebut harga cabai yang naik bukan hanya untuk jenis cabai rawit. Tapi juga cabai merah kriting juga cabai tanjung.

Yusuf mengaku belum dapat memprediksi  hingga kapan harga cabai masih melambung. Mengingat musim hujan masih berlangsung bahkan hingga Februari tahun depan.

"Belum bisa dipastikan sampai kapan karena faktor cuaca masih kurang mendukung," pungkasnya.

Kredit

Bagikan