Anak SMP kurang mampu di Bandung akan diberi sepeda

user
Muhammad Hasits 22 November 2016, 15:37 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pemerintah Kota Bandung mendapatkan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa 290 unit sepeda dari PT Pertamina. Ratusan sepeda tersebut akan disalurkan untuk siswa-siswa di Kota Bandung.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung Mia Rumiasari mengatakan, CSR sepeda dari Pertamina rencananya disalurkan ke 14 SMP di Kota Bandung. Penerima sepeda akan diprioritaskan untuk anak sekolah yang kurang mampu.

"Sasarannya memang untuk siswa SMP. Rencananya akan disalurkan ke 14 sekolah. Dalam prosesnya, kita menyeleksi sekolah dan siswa yang mendaftar. Sekarang masih dalam pemetaan sekolah-sekolah mana saja yang akan mendapat CSR sepeda ini," ujar Mia kepada wartawan di Balai Kota Bandung, Selasa (22/11)

Mia mengatakan, CSR sepeda dari Pertamina merupakan kali kedua. Pada awal tahun lalu, Pertamina memberikan CSR sepeda sebanyak 162 sepeda yang disalurkan kepada para siswa di Kota Bandung.

Menurut Mia, sepeda-sepeda yang diberikan dari CSR akan menjadi aset sekolah. Sehingga ketika siswa tersebut sudah lulus akan diberikan kepada adik kelas yang membutuhkan.

"Jadi nanti akan jadi aset milik sekolah, bukan kepemilikan penerima hak. Ketika menjadi aset, si anak sudah keluar bisa turun ke adik adik kelasnya. Sehingga ketika arahnya dan sasarannya bisa regenerasi," ucapnya.

Menurut Mia, anak-anak sekolah menjadi sasaran penerima CSR sepeda dengan tujuan untuk menumbuhkan budaya bersepeda di Kota Bandung. Hal ini juga untuk mensinergikan dengan program Dishub yakni mengurangi penggunaan kendaraan bermotor.

"Sudah secara masif kami bekerjasama dengan dishub bekerjasama. Kaitan dengan mengurangi polutan di Kota Bandung," katanya.

Mia menambahkan pada 25 November 2016 ini pihaknya akan menjemput ratusan sepeda CSR dari kantor PT Pertamina Jalan Wirayuda No. 1 menuju balai Kota Bandung.

"Setelah sampai di sana, kita menggunakan sepeda pemberian PT Pertamina menuju balai Kota Bandung, penjemputan ini merupakan salah satu sosialisasi kita untuk mengurangi polusi," ungkapnya.

Mia berharap dengan pemberian sepeda tersebut, setiap sekolah dan siswa dapat menjadi duta dan agen perubahan untuk mengkampanyekan gerakan bersepeda di Kota Bandung.

"Mudah mudahan kedepannya siswa sekolah di Kota Bandung bisa menjaga lingkungan dan mengurangi polusi dengan bersepeda," pungkasnya.

Kredit

Bagikan