Anda harus jeli jika ada investasi tawarkan untung besar

user
Muhammad Hasits 05 November 2016, 12:24 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Vice President Monex Investindo Futures, Weigiawan mengatakan, tak sedikit orang mencoba terjun ke dunia investasi dengan menanamkan modal pada beberapa bisnis yang dipercayainya. Padahal mereka belum paham betul mengenai keuntungan dari investasi tersebut.

Tak sedikit masyarakat melakukan investasi hanya dengan memikirkan keuntungan dari sisi keuangan tanpa memperhatikan berbagai aspek lainnya seperti kerugian, bahkan penipuan. Untuk itu, kata Weigiawan, sebaiknya pelajari dulu ilmu mengenai investasi agar aman dalam melakukan investasi.

"Contohnya begini, perdagangan berjangka komoditi di Indonesia ini sebenarnya sudah ada lama di dalam negeri namun tidak semua memahaminya. Meskipun begitu, tidak sedikit juga yang coba-coba ikut investasi dalam perdagangan berjangka karena berharap untung," ujar Weigiawan kepada Merdeka Bandung, Jumat (4/11).

Weigiawan menjabarkan, dibutuhkan edukasi kepada mereka yang mencoba terjun dalam dunia bisnis khususnya dalam investasi. Terutama bagi perdagangan berjangka yang sebenarnya sudah mulai diminati, harus ada edukasi masif kepada masyarakat.  

Soal edukasi, lanjutnya, tentu menjadi hal wajib dilakukan khususnya oleh tenaga pemasaran, calon nasabah, ataupun mahasiswi yang sekadar ingin tahu mengenai bisnis perdagangan berjangka. Bagi siapapun yang tertarik untuk mempelajari bisnis ini harus mempelajari di tempat yang benar.

"Jadi begini, yang harus diperhatikan saat mempelajari masalah bisnis ataupun investasi adalah dari sisi legalitas, dari segi program, dan  segi institusi. Dengan kemajuan teknologi, sebenarnya calon nasbah ataupun yang tertarik dengan bisnis ini bisa melakukan pengecekan melalui website resmi pemerintah yang menaungi bidang ini," jelasnya.

Saat ini ada sekitar 70 perusahaan (berjangka) yang legal dan sudah beroperasi di Indonesia. Terkait dengan investasi bodong yang beberapa waktu lalu marak di Indonesia, ia membagi tipsnya. Kata dia, investasi bodong biasanya memberikan iming-iming luar biasa dan cenderung tidak masuk akal.

"Biasanya kalau mereka investasi bodong itu seringkali menggunakan sistem pemasaran yang terselubung, padahal sebenarnya Anda bisa meyakinkan diri apakah dia perusahaan investasi bodong apa tidak dengan melihat apakah perusahaan tersebut memiliki kantor resmi atau tidak," paparnya.

Kredit

Bagikan