Elephant Kind luncurkan debut albumnya bertitle 'City J'

user
Mohammad Taufik 20 September 2016, 10:02 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Sukses merilis dua EP yakni Scenarios: A Short Film by Elephant Kind (2014) dan Promenades: A Short Film by Elephant Kind (2015), trio pop/hybrid Elephant Kind akhirnya siap untuk menjejaki bab baru dalam perjalanan musik mereka.

Elephant Kind yang digawangi oleh Bam Mastro (vokal/gitar), Dewa Pratama (vokal/multi instrument/gitar) dan Bayu Adisapoetra (drum) telah merampungkan debut album yang kini secara resmi siap beredar ke khalayak melalui debut album bertajuk 'City J'.

Tidak terlena dengan jadwal panggung cukup padat serta semakin melambungnya nama mereka yang turut mengumpulkan semakin banyak pendengar, band yang berjalan sejak awal 2014 lalu ini terus tertantang untuk memberikan sesuatu yang segar bagi mereka para penikmatnya. Album 'City J' ini menjadi jawaban tersendiri atas hal itu.

Dua single yang telah rilis sebelumnya 'Beat the Odinary' dan 'Montage' adalah gambaran awal dari proses berkembangnya Elephant Kind yang tercermin dari sisi musikalitas mereka.

"Secara konsep dan musik, Elephant Kind terasa sangat berbeda dari dua EP sebelumnya. Konsep ‘short film’ kami kembangkan ke dalam sebuah cerita panjang yang di dalam album ini saling berkaitan," ujar Bam Mastro sang frontman dari rilis yang diterima Merdeka Bandung, Senin (19/9).

Begitu juga dengan musiknya, Elephant Kind yang dikenal dengan musik bernuansa tropical summer dengan sentuhan jungle bergeser ke sisi urban dan lebih pop.

Begitu juga dengan prosesnya. 12 lagu yang ada di album 'City J' ini bukan materi yang saya buat ketika kuliah dulu layaknya materi di dua EP sebelumnya. Setelah Elephant Kind berjalan, ada Bayu dan Dewa juga yang turut berperan dalam munculnya materi-materi ini.

"Jadi bisa dibilang album 'City J' ini lebih segar karena ada proses dimana semua bahan terkumpul, kami berjalan ke studio dan mengerjakan semuanya bersama," tambahnya.

Album ini juga tidak lepas dari Lee Buddle, seorang expertis musik asal Australia yang sukses menangani produksi musik mulai dari Kelly Clarkson hingga Justin Bieber. Perannya sebagai guru dari Bam di Western Australian Academy of Performing Arts berlanjut di dalam album 'City J' sebagai mixing advisor dan juga untuk sisi mastering.

Sentuhan dari seorang profesional kelas dunia yang dikenal memiliki cara pandang tersendiri dalam mengemas musik jelas membuat debut album Elephant Kind begitu berbeda dan berkesan.

Lee Buddle adalah sosok yang selalu membuat saya kagum ketika berbicara tentang musik. Dia punya teori sendiri dalam melihat musik pop dan perkembangannya.

"Dan yang lebih menyenangkannya lagi, sudut pandang itu bisa bersinergi dengan baik dengan album 'City J' ini dimana ada keinginan dari kami untuk terasa lebih liar dan berbeda dalam balutan pop. Hasilnya, mengagumkan!" Papar Bam Mastro yang diamini oleh dua personel lainnya.

Dan kini, album 'City J' telah siap untuk disebar secara resmi dan dinikmati oleh mereka yang menunggu serta suguhan baru untuk pendengar musik pada hari Rabu, 21 September 2016 besok.

Kredit

Bagikan