Yossi janji pasang internet di pasar-pasar tradisional

Oleh Muhammad Hasits pada 08 Mei 2018, 13:56 WIB

Bandung.merdeka.com - Calon Wali Kota Bandung nomor urut dua, Yossi Irianto akan mengoptimalkan keberadaan pasar tradisional di Kota Bandung. Pasar tradisional ke depan harus dikembangkan dengan beragam inovasi sehingga meningkatkan minat masyarakat belanja ke pasar.

Yossi menyebut salah satu program yang digagas yakni dengan menyiapkan tempat-tempat kreatif di pasar. Penyiapan tempat ini tidak menghilangkan fungsi utama pasar tradisional.

"Artinya pasar tradisional bisa di sisi lain dibangun disiapkan tempat-tempat konten kreatif seperti kafe. Sehingga di satu sisi bapak-bapak yang ngantar istrinya ke pasar tradisional, si bapaknya bisa menunggu," ujar Yossi kepada wartawan saat berkunjung ke Pasar Sadang Serang, Senin (7/5).

Tak hanya itu, Yossi  ingin agar pasar tradisional dilengkapi dengan dengan koneksi wifi gratis di setiap pasar.  Sehingga masyarakat akan antusias datang ke pasar. Dengan cara ini, lanjut Yossi, dirinya ingin mengubah imej pasar yang lekat dengan kotor, bau, becek.

"Jadi kita bisa pasang dengan wifi gratis. Jadi ada kegiatan lain untuk menunggu yang sedang belanja. Sehingga pasar tradisional tidak anti IT," katanya.

Yossi mengungkapkan, revitalisasi pasar menjadi salah satu program prioritas pasangan Yossi-Aries bila memimpin Bandung. Dia mengaku miris dengan kondisi pasar tradisional di Kota Bandung saat ini.

"Seperti hari ini Saya blusukan ke Pasar Simpang Dago dan Sadang Serang. Saya ingin mendengar informasi secara utuh dari para pedagang atau masyarakat yang belanja ke pasar. Seperti tadi ada keluhan yang mengeluhkan problematika pasar tradisonal pasti dia engga nyaman," ucapnya.

Yossi akan mendorong percepatan revitalisasi pasar tradisional di Kota Bandung. Dia menargetkan dalam jangka waktu 2-3 tahun dapat merevitalisasasi seluruh pasar tradisional di Bandung.
 
"Oleh karena itu Saya ingin mendorong percepatan revitalisasi. Jangan dikaitkan dengan modernisasi, tapi bagaimana pengembangan pasar tradisional ini nyaman. Sehingga perspektif terhadap revitalisasi bagaimana pasar-pasar jadi pasar tematik. Jadi setiap pasar punya kekuatan masing masing, daya dorong seperti Cihapit, enak belanjanya, tempatnya nyaman," katanya.

Tag Terkait