Awal April, truk barang sudah bisa lewati Jembatan Cisomang

Oleh Muhammad Hasits pada 17 Maret 2017, 10:16 WIB

Bandung.merdeka.com - Jembatan Cisomang di Tol Purbaleunyi kilometer 100+700 yang sempat mengalami pergeseran pilar tengah dalam tahap akhir perbaikan. Diperkirakan akhir Maret ini jembatan sepanjang 250 meter sudah kembali sempurna.

Hal itu disampaikan ‎Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dedi Taufik saat ditemui di Hotel Grand Asrilia, Jalan Pelajar Pejuang 45, Kota Bandung, Kamis (16/3). "Hasil evaluasi dari Komite Pengawas Jembatan dan Jalan Tol diharapkan akhir maret ini sudah bisa selesai dan kita akan uji coba," katanya.

Dengan begitu kendaraan angkutan barang bisa kembali melintas. Sebelumnya kendaraan yang bisa melintas hanya minibus dan bus.

Dia melanjutkan, meskipun pengerjaan hampir selesai dan segera bisa digunakan kembali, pemantauan dan pengawasan terus dilakukan secara intens. Sebab potensi kerawanan adanya pergeseran kembali tetap ada. "Pemantauan akan terus dilakukan karena potensi gerakan yang cukup tinggi di Jawa Barat ini. Potensi bencananya cukup tinggi sehingga harus dipantau secara jam demi jam karena pergerakannya tinggi setelah itu baru bisa digunakan Cisomang,"‎ imbuhnya.

Dedi berharap jalur tersebut bisa segera kembali digunakan. Pengalihan ke jalan arteri Purwakarta - Bandung selama ini dinilai kerap menimbulkan kemacetan panjang. Sebab jalan arteri ini tidak disiapkan untuk menampung kapasitas kendaraan yang besar.

Sehingga selama ini Dishub dengan kepolisian hanya mengupayakan pengaturan lalu lintas. Sementara pengerjaan jembatan dilakuakn Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Apa yang dapat dilakukan langkah-langkah pemerintah daerah kepolisian itu yang dilakukan hanya merekayasa lalu lintas. Di km 99 juga sudah bisa digunakan sebagai gate keluar untuk melakukan pergerakan terutama apabila terjadi kemacetan di jatiluhur dialihkan ke situ," ujarnya. Â