Truk belum bisa, bus sudah diizinkan melintas jembatan Cisomang

Oleh Muhammad Hasits pada 23 Februari 2017, 12:20 WIB

Bandung.merdeka.com - Dinas Perhubungan Jawa Barat sudah kembali membuka Jembatan Cisomang, Tol Purbaleunyi, kilometer 100+700 untuk bisa digunakan bus umum. Sejak Desember 2016 kendaraan besar tidak bisa melintas lokasi lantaran jembatan di tapal batas Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Kabupaten Purwakarta itu mengalami pergeseran pilar.

"Kabar baik, mulai Kamis ini bus umum boleh melintas Jembatan Cisomang," kata Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dedi Taufik, Kamis (23/2).

Dedi menyebut, keputusan ini merupakan hasil rapat bersama Kemenhub, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jasa Marga, Korlantas serta Jasa Raharja. Keputusan itu disepakati beberapa poin yang diantaranya bisa kembalinya menggunakan Cisomang untuk bus umum.

Meski demikian untuk truk bertonase berat tetap belum bisa melintas tol yang menghubungkan Jakarta - Bandung tersebut. Hal ini karena proses pengerjaan perbaikan jembatan masih terus dilakukan.

"Truk sumbu besar masih tidak diperbolehkan, tetap memakai jalur pengalihan," ujarnya.‎ Truk besar dialihkan ke jalur arteri.

Dengan dibukanya jembatan Cisomang, PO bus yang sebelumnya mengeluhkan adanya kerugian sudah bisa diatasi. Sehingga perjalanan penumpang dari arah Jakarta-Bandung dan sebaliknya bisa lebih cepat dibanding saat ditutup bus harus memutar.

"Kemarin pas ditutup perjalanan Jakarta-Bandung bisa 7-12 jam, sekarang bisa lebih cepat," tuturnya.