Ini alasan Rizieq Shihab minta Kapolda Jabar dicopot

Oleh Muhammad Hasits pada 16 Januari 2017, 13:08 WIB

Bandung.merdeka.com - Massa Front Pembela Islam (FPI) mengelar aksi di depan Gedung Badan Pemelihara Keamanan, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (16/1). Aksi dipimpin langsung oleh Imam Besar ormas FPI Habib Rizieq Shihab.

"Kapolda yang bersalah harus diproses Propam! Kapolri jangan lemah untuk berhentikan kapolda yang salah," teriak Habib Rizieq dalam orasinya di depan Gedung Baharkam Mabes Polri seperti dilansir antara.

Menurutnya, Kapolda Jabar Irjen Pol Anton Charliyan dan Kapolda Metro Jaya Irjen M. Iriawan akan segera dilaporkan ke Bareskrim Polri karena telah mengadu domba. "Kami siap melaporkan jenderal preman! Kapolda Metro telah menghasut Laskar FPI supaya menghantam HMI," katanya.

Massa FPI tiba di Mabes Polri, Jakarta Selatan, pukul 11.20 WIB. Sebelum tiba di Mabes Polri, massa berpakaian putih tersebut melakukan longmarch dari Lapangan Masjid Al-Azhar sebagai titik kumpul mereka.

Sebanyak 2.800 personel Polri disiagakan untuk mengamankan area Mabes Polri terkait unjuk rasa FPI itu. Ribuan polisi tersebut disiagakan secara menyebar di sekitar Gedung Utama Mabes Polri dan Museum Polri. Sejumlah anjing polisi juga tampak diturunkan.

Ruas jalan di depan Baharkam telah disterilkan dari kendaraan bermotor karena digunakan sebagai tempat unjuk rasa. Sementara kendaraan yang mengarah ke Blok M bisa menggunakan jalur terowongan Trunojoyo.

Sementara Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Pol Rikwanto mengatakan pihaknya dan Kepala Pelayanan Markas Polri Kombes Pol Budi Widjanarko yang akan menerima utusan rombongan FPI hari ini. "Saya akan terima dengan Kepala Yanma Kombes Budi Widjanarko," kata Brigjen Rikwanto.

Tag Terkait