Libur akhir tahun, tiket kereta api dari Bandung habis terjual

user
Muhammad Hasits 25 Desember 2015, 07:02 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Liburan akhir tahun 2015, tiket kereta api untuk sejumlah keberangkatan dari Stasiun Bandung telah habis dipesan. Tercatat untuk keberangakatan hingga tanggal 28 Desember tiket telah ludes terjual.

"Tiket untuk tanggal 28 sudah habis terjual. Untuk tanggal 29 juga tinggal sedikit lagi. Sementara untuk tanggal 30 dan 31 sekitar 20 persen lagi tiket yang tersedia," ujar Kepala Humas PT KAI Daop II Bandung Zunerfin, beberapa waktu lalu.

Dalam masa liburan Natal dan Tahun Baru, PT KAI  mengoperasikan seluruh keretanya yakni sebanyak 19 jarak jauh dan tiga kereta ekonomi.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, pihaknya menyiapkan kereta tambahan untuk jurusan Bandung - Solo. Kereta api tambahan ini akan beroperasi untuk dalam dua termin kerberangkatan.

"Termin pertama keberangkatan antara tanggal 22-25 Desember. Kereta itu akan berangkat dari Bandung pukul 21.30 WIB.
Sementara untuk pengoperasiannya dari tanggal 28 Desember 2015 sampai 5 Januari 2016 akan berangkat pagi pukul 09.50 WIB," kata Zunerfin.

Dia mengungkapkan kapasitas kereta tambahan tersebut dalam satu hari mampu mengangkut 456 penumpang terdiri dari empat kereta bisnis, dan empat kereta eksekutif. " Kita sudah membuka layanan pemesanan kereta tambahan itu sejak awal bulan ini,"pungkasnya.

Banyak juga naik bus

Libur panjang pekan ini juga dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur dan pulang ke kampung halaman. Kepala Terminal Cicaheum Kota Bandung, Abdullah Haris mengatakan volume kendaraan bus yang keluar dari Kota Bandung telah meningkat.

"Ada kenaikan volume kendaraan bus yang keluar dari kota Bandung. Peningkatannya sebanyak 40 sampai 60 persen," ungkap Haris.

Menurutnya, peningkatan volume transportasi massal darat menuju luar Kota Bandung itu telah terlihat sejak Rabu (23/12) lalu. Haris memperkirakan perkiraan arus balik terjadi tanggal 1 dan 2 Januari 2016 mendatang.

"Diperkirakan hari ini terakhir puncak masa liburan," kata Haris.

Haris menambahkan, kebanyakan bus diberangkatkan menuju jalur selatan dan tengah. "Kebanyakan destinasi yang dikunjungi ke arah Pangandaran, Tasikmalaya, dan Kuningan," ujarnya.

Kredit

Bagikan