Damkar Kota Bandung waspadai kembang api nyasar

user
Farah Fuadona 23 Desember 2015, 16:18 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Pesta tahun baru tidak lepas dengan semarak pesta kembang api. Namun di balik semarak pesta, dikhawatirkan terjadi kebakaran akibat kembang api yang nyasar. Kemungkinan insiden kembang api yang nyasar ke rumah warga menjadi perhatian khusus Dinas Kebakaran Kota Bandung.

"Berdasarkan pengalaman tahun kemarin yang harus kita waspadai kemungkinan kembang api," ungkap Kepala Seksi Penyelamatan dan Evakuasi Dinas Pencega han dan Penanggulangan Kebakaran Kota Bandung, Elan Suparno, kepada Merdeka Bandung.

"Kan banyak yang menggunakan kembang api, takutnya ada kebakaran dan segala macam, itu yang kita khawatirkan," tambahnya.

Pesta kembang api juga berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Sebab, kata dia, penyulutan kembang api pada tahun baru biasanya terjadi di tengah kepadatan lalu lintas. Untuk mengantisipasi hal itu, pihaknya bersama kepolisian sudah mensosialisasikan bahaya penggunaan kembang api kepada masyarakat.

"Himbauannya untuk masyarakat Bandung kalau menggunakan kembang api harus jauh dari pemukiman, apalagi misalnya ada bangunan dengan kayu sirap yang mudah terbakar," katanya.

Kredit

Bagikan