BI siapkan Rp 8,1 triliun pada momen Natal dan Tahun Baru

user
Farah Fuadona 17 Desember 2017, 08:11 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat menyiapkan cadangan uang sebesar Rp 8,1 triliun untuk momen Natal dan Tahun Baru. Cadangan uang tersebut dipersiapkan karena diyakini pada penghujung tahun kebutuhan uang tunai kerap mengalami peningkatan.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Wiwiek Sisto Widayat mengatakan, pada dua momen tersebut diperkirakan akan banyak masyarakat yang membutuhkan uang tunai untuk menghabiskan waktu liburan ataupun sekedar berbagi rejeki bersama sanak saudara.

"Ya diperkirakan penarikan uang dari BI sekitar Rp 3,3 triliun, tapi kami menyiapkan sebesar Rp 8,1 triliun," ujar Wiwiek kepada Merdeka Bandung saat ditemui di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Jalan Braga, belum lama ini.

Disediakannya uang cadangan yang terbilang melebihi perkiraan keperluan tersebut, kata dia, agar masyarakat tak perlu khawatir akan kekurangan uang kartal di Jawa Barat.

Tak hanya mempersiapkan dana cadangan yang cukup banyak, pihaknya juga menggerakan mobil kas dibeberapa wilayah Jawa Barat seperti Subang dan Sukabumi. Ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat kala akan mengambil atapun menyetorkan uang.

"Ya kami sediakan mobil kas keliling untuk memudahkan masyarakat," imbuh dia.

Kata dia, perputaran uang pada akhir tahun cukup tinggi. Ini diharapkan bisa menjadi perhatian bagi masyarakat untuk tetap waspada.
Attachments area

Kredit

Bagikan