Bus Bandros akan kembali beroperasi bulan Oktober

Oleh Farah Fuadona pada 28 September 2016, 11:49 WIB

Bandung.merdeka.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memastikan akan kembali mengoperasikan Bandros (bandung tours on bus) dalam waktu dekat. Rencananya ada enam hingga delapan bus Bandros baru yang akan dioperasikan pada Oktober mendatang.

"Bandros akan dilaunching ulang tanggal 9 Oktober. Insya Allah per awal Oktober bandros akan berseliweran di kota Bandung dengam desain khusus," ujarnya kepada wartawan, Rabu (28/9).

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, bus bandros yang dioperasikan sebelumnya belum berjalan maksimal, sebab masih terkendala perizinan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Dengan adanya bus bandros baru ini, Emil memastikan pengoperasiannya akan berjalan maksimal karena telah mengantongi seluruh perizinan.

"Kan dulu rutenya masih berpindah-pindah dan sebagian pakai persuratan sementara, tapi sekarang persuratannya Insya Allah sudah beres," katanya.

Selain itu, untuk bus bandros baru ini hanya akan memiliki satu tingkat. Berbeda dengan desain bandros sebelumnya yang memiliki dua tingkat. "Sementara kami tunda dulu (bus bandros dua tingkat), sebab berdasar regulasi ternyata berat harus di atas 20 ton. Maka bus kecil gak mungkin, kecuali yang gede. Sebenarnya ini yang sedang kami kaji apakah dua lantai memungkinkan. Kalau bisa apakah boleh gak pakai izin khusus," ujarya.

Lebih lanjut Emil mengatakan, pihaknya akan terus menambah jumlah bus bandros di Bandung. Seluruh bus Bandros yang ada saat ini merupakan bantuan CSR dari perusahaan di Bandung.

Emil mengungkapkan, pihaknya akan kembali menambah jumlah bus bandros dengan sumber pembiayaan dari APBD. "Kemudian tahun depan kami akan adakan dengan APBD dan diharapkan tahun depan sistem transportasi bandros mulai bisa berfungsi melayani wisatawan wisatawan," kata dia.

Tag Terkait