Kembangkan SDM, Kota Bandung akan kerja sama dengan Kota Chandler

Oleh Farah Fuadona pada 27 September 2016, 10:42 WIB

Bandung.merdeka.com - Kota Bandung menjajaki kerja sama dengan Kota Chandler yang merupakan negara bagian dari Arizona, Amerika Serikat. Hal ini terungkap saat Wali Kota Bandung Ridwan Kamil melakukan pertemuan dengan Kevin Hartke, perwakilan Kota Chandler di Pendopo Kota Bandung, Senin (26/9).

Pada kesempatan tersebut Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil memaparkan potensi-potensi kerja sama yang dapat dijajaki antara kedua kota di beda negara ini. Pria yang akrab disapa Emil ini menjelaskan, bahwa Kota Bandung adalah kota kreatif dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 8 persen, salah satu yang tertinggi di Indonesia. Sebagian besar industri kreatif diramaikan oleh sektor KUKM.

"Minggu depan kami akan membuka flag store Little Bandung di Malaysia, dua toko sekaligus," kata Emil.

Emil juga mengungkapkan, bahwa ada sejumlah proyek investasi yang ditanamkan investor Amerika di Kota Bandung kepada Kevin. "Di Kota Bandung akan membangun industri untuk teknologi aerospace. Bukan untuk pasar Indonesia tetapi untuk pasar global bekerja sama dengan Amerika Serikat. Nilai investasinya mencapai Rp 2 trilium," katanya.

Emil juga mengungkapkan bahwa Kota Bandung  saat ini tengah membentuk koalisi untuk membangun konsep kota cerdas di tiga benua, yakni Amerika, Eropa, dan Asia. Emil ingin menunjukkan bahwa Bandung memiliki peranan dan pengaruh yang signifikan dalam mengibarkan bendera smart city di Asia.

"Kita punya pasar yang cukup luas. Tinggal kita cari tahu kemitraan seperti apa yang memungkinkan untuk kita jalin," ujarnya.

Pihak Kota Chandler masih mencari-cari potensi dan peluang kerja sama yang akan dijajaki di Kota Bandung. Namun secara langsung, Emil mengemukakan kebutuhan-kebutuhan Kota Bandung yang mungkin bisa didapatkan melalui kerja sama bilateral.

"Kami dipenuhi dengan sumber daya manusia ads 2,3 juta penduduk di Kota Bandung. Kami ingin adanya peningkatan sumber daya manusia yang barangkali bisa didapatkan dengan pelatihan dan pertukaran ke Amerika," katanya. Ia berharap pertukaran sumberdaya manusia dapat meningkatkan kualitas SDM di Kota Bandung. "Bisa dengan saling bertukar mahasiswa, seniman, atau pendidikan dan pelatihan bagi staf pemerintahan," ujar dia.

Sementara itu, Kevin Hartke menyambut baik penjajakan kerja sama dengan Kota Bandung. Ia mengucapkan terima kasih atas penerimaan dan jamuan yang sangat baik di Kota Bandung.

"Kami sangat mengapresiasi kemurahan hati Anda. Kami berharap kita dapat bekerja sama dalam berbagai sektor, terutama di bidang teknologi dan sumber daya manusia," katanya.

Tag Terkait