Ridwan Kamil targetkan 12 titik di Bandung dicat mural

Oleh Farah Fuadona pada 13 September 2016, 13:52 WIB

Bandung.merdeka.com - Lebih dari 20 komunitas di Kota Bandung melukis tembok sepanjang 476 meter di Jalan Siliwangi, Selasa (13/9). Tembok tersebut membentang dari Teras Cikapundung hingga Jalan Cisitu. Pengecatan dilakukan oleh  500 relawan, hasil kerja sama antara Komunitas Mural Bandung, Keluarga Mahasiswa Seni Rupa Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Ikatan Alumni (IA) ITB Jawa Barat.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berharap,  pelukisan mural ini tidak  hanya dilakukan di Jalan Siliwangi saja, tetapi juga di tempat-tempat lainnya. Dia ingin ada 12 titik lokasi di Kota Bandung yang juga dilukis mural.

“Ada 10-12 titik akan dilakukan (pelukisan mural-red), sehingga ke manapun kami melihat di kota ini ada sebuah pesan-pesan estetika dan pesan-pesan puisi. Jadi tidak hanya lukisan tapi juga kata-kata yang menjadi sebuah cara Bandung untuk menjaga keseimbangan dalam hidup dan tinggal di kota,” ujar Ridwan di sela pembukaan acara.

Pria yang akrab disapa Emil ini menuturkan, 12 lokasi yang dapat dilukis mural di antaranya seperti di Jalan Viaduct dan kolong Flyover. Seniman mural dapat memanfaatkan ruang yang berada di bawah jembatan sebagai media lukis.

"Jadi Saya tantang komunitas untuk keliling  Bandung. Misalnya di kolong Viaduct, jembatan flyover macam-macam dan daerah yang biasanya tidak tersentuh dijadikan sebagai alas. Asalkan ngobrol dulu biar menyamakan tema dan bentuknya," ucap Emil.

Menurut dia, dengan adanya kegiatan ini dapat mempercantik Kota Bandung dengan memanfaatkan ruang-ruang kosong yang tidak tersentuh. Sehingga Kota Bandung lebih berwarna dan meningkatkan indeks kebahagiaan warga.

"Seperti tema yang diangkat dalam mural ini adalah 'Journey of Happiness ' atau 'Perjalanan Kebahagiaan ' yang menceritakan asal-asal sejarah Bandung dan mimpi-mimpi orang Bandung. Sehingga diharapkan yang melihat juga ikut bahagia sesuai dengan indeks kebahagiaan Bandung yang makin meningkat," ujarnya.

728 Liter cat disiapkan

Sebanyak 20 komunitas di Kota Bandung memulai kegiatan melukis mural di tembok sepanjang Jalan Siliwangi, Selasa (13/9). Tembok yang membentang sepanjang 476 meter dari Teras Cikapundung sampai Cisitu  akan dilukis dengan mural bertema ' A Journey of Happeness ' ( sebuah perjalanan kebahagiaan). Di  tembok berukuran 10 meter x 2,9 meter ini akan dihiasi 47 gambar dengan tema berbeda.

Dalam kegiatan ini, pihak panitia menggandeng AkzoNobel, perusahaan cat dan pelapis terkemuka di dunia, yang juga produsen produk Dulux. Sebanyak 728 liter cat disiapkan untuk untuk melukis mural di atas tembok sepanjang 476 meter.

"Kita menyiapkan 728 liter cat dengan berbagai warna, karena kita mempunyai lebih dari 2 ribu warna. Jadi itu semua kombinasi semua warna utama," ujar Jun de Dios selaku Direktur PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia) kepada wartawan di sela pembukaan acara.

Jun mengatakan, cat yang digunakan untuk melukis mural di Jalan Siliwangi ini menggunakan bahan khusus yang didesain tahan terhadap segala cuaca. Sehinga cat dipastikan tidak mudah luntur. "Catnya tahan terhadap cuaca. Dari sisi warna juga lebih tahan lama. Bisa tahan lebih dari lima tahun," katanya.

Jun mengaku, pihaknya merasa terhormat menjadi bagian dari kegiatan ini. Sebab kegiatan ini digelar di Kota Bandung yang dikenal sebagai Kota Kreatif di Indonesia.

"Kami sudah lama mengagumi keindahan dan pesona kota Bandung, terutama arsitektur dan kreatifitas warganya selama bertahun-tahun. Sebagai otoritas warna, hal ini merupakan aspirasi kami dalam memberikan program yang bermanfaat, konstruktif dan berwarna tanpa batas yang dapat dinikmati oleh semua orang," ujar Jun de Dios.

Kegiatan melukis mural ini rencananya akan berlangsung selama tiga hari ke depan dari tanggal 13 -15 September. Dalam kegiatan ini melibatkan 500 relawan dari 20 komunitas lebih.

Tag Terkait