PT KAI bikin kereta kesehatan pertama dan satu-satunya di Indonesia

Oleh Mohammad Taufik pada 27 Juli 2016, 11:41 WIB

Bandung.merdeka.com - Indonesia baru saja memiliki kereta kesehatan atau rail clinic pertama dari PT Kereta Api Indonesia (KAI). Kereta kesehatan ini secara resmi merupakan kereta kesehatan pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Peluncuran kereta kesehatan ini dilakukan oleh Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro di Stasiun Pasar Senen, Jakarta belum lama ini. Dalam acara peluncuran tersebut juga dilakukan penyerahan piagam Museum Rekor Indonesia (MURI) oleh pendiri sekaligus Ketua MURI, Jaya Suprana kepada PT KAI atas keberhasilannya merancang kereta kesehatan pertama di Indonesia.

Pembuatan Rail Clinic ini dilatarbelakangi oleh semangat PT KAI untuk memberi pelayanan lebih kepada masyarakat Indonesia khususnya di bidang kesehatan dengan memanfaatkan jalur KA sehingga dapat menembus daerah yang sulit dilalui oleh kendaraan bermotor.

"Dibuatnya Rail Clinic ini juga sebagai salah satu bentuk dari pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR) PT KAI. Proses pengerjaannya sudah dilakukan sejak 10 Oktober 2015 lalu di Balai Yasa Yogyakarta," ujar Edi dari rilis yang diterima Merdeka Bandung, Rabu (27/7).

Untuk kemudahan dalam operasinya, diperlukan kereta yang tak tergantung lokomotif sehingga pengaturan operasional Rail Clinic dapat lebih leluasa. Oleh karena itu armada yang digunakan oleh tim Balai Yasa untuk pembuatan Rail Clinic adalah dengan retrofit kereta rel diesel (KRD). Rail Clinic ini juga dilengkapi dengan toilet ramah lingkungan.

"Rangkaian Rail Clinic terdiri atas 2 kereta yang masing–masing memiliki tata ruang dan jenis pelayanan kesehatan yang berbeda. Secara umum, fasilitas pelayanan kesehatan yang akan diberikan di dalam Rail Clinic adalah jenis pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama," jelasnya.

Dengan adanya Rail Clinic ini, diharapkan dapat membantu pemerintah untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat di daerah bencana atau daerah-daerah yang tak terjangkau oleh kendaraan bermotor. Ini adalah salah satu bentuk komitmen PT KAI sebagai organisasi perusahaan yang dapat memberikan nilai tambah yang tinggi bagi masyarakat.

Tag Terkait