Disdik Kota Bandung kembangkan aplikasi pantau kehadiran siswa

Oleh Farah Fuadona pada 29 Januari 2016, 19:19 WIB

Bandung.merdeka.com - Sejumlah siswa di beberapa sekolah di Bandung diketahui masing sering membolos. Salah satu contohnya, saat petugas Satpol PP memergoki sejumlah siswa yang tengah asyik nongkrong saat jam pelajaran di kawasan Jalan Lodaya, beberapa hari lalu.

Dinas Pendidikan (disdik) Kota Bandung langsung merespon terkait masih maraknya para siswa di Bandung yang masih sering membolos. Salah satu inovasi yang dilakukan yakni melalui terobosan teknologi berbasis aplikasi.

Melalui sebuah aplikasi Sistem Manajemen Pendidikan (Simdik) berbasis online, orang tua dapat memantau kehadiran anak-anaknya di Sekolah. Sehingga dapat diketahui kehadiran  mereka di sekolah.

Kepala Disdik Kota Bandung Elih Sudiapermana mengatakan aplikasi ini dapat diakses melalui perangkat digital seperti handphone dan komputer yang memiliki akses internet.

"Jadi orang tua dapat memantau anak-anaknya secara digital, bisa lewat handphone atau komputer. Nanti pemantauan dari sekolah, jadi orang tua bisa ngecek ke alamat itu, anaknya masuk atau enggak" ujar Elih kepada Merdeka Bandung saat dihubungi, Jumat (29/1).

Elih mengatakan, aplikasi tersebut saat ini masih dikembangkan oleh tim dari Disdik Kota Bandung. Diharapkan dalam waktu dekat dapat segera diluncurkan

"Dengan adanya aplikasi ini juga dapat membantu para guru mengawasi peserta didik. Kadang guru-guru juga tidak bisa mengawasi semuanya, jadi dengan adanya aplikasi ini bisa membantu," pungkasnya.

Tag Terkait