Malam Tahun Baru, Ribuan Kendaraan Diprediksi Padati Kota Bandung

Oleh Muhammad Hasits pada 27 Desember 2018, 17:04 WIB

Bandung.merdeka.com - Pihak kepolisian memprediksi jumlah kendaraan yang akan masuk ke Kota Bandung akan kembali mengalami lonjakan signifikan di momen Tahun Baru. Diperkirakan ada puluhan ribu kendaraan dari luar kota masuk ke Kota Bandung.

Hal itu disampaikan Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polrestabes Bandung, AKBP Agung Reza kepada wartawan, Rabu (26/12). Menurut Reza, pihaknya memprediksi sedikitnya ada 25 ribu kendaraan yang masuk masuk ke Kota Bandung pada momen libur Tahun Baru nanti.

"Puncak malam Natal itu sampai 25 ribu kendaraan. Kemungkinan Tahun Baru juga sama (25 ribu kendaraan)," ujar Reza kepada wartawan.

Reza mengungkapkan, pihaknya sudah mengantisipasi hal tersebut. Termasuk kemungkinan melakukan rekayasa jika terjadi kepadatan. "Kita upayakan arus lalu lintas normal. Kalau pun ada kepadatan kita rekayasa," katanya.

Reza menyebut dari momen Natal kemarin terjadi kenaikan jumlah kendaraan yang masuk ke Kota Bandung. Dia mengimbau kepada masyarakat untuk tertib berkendara dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas. "Kita bebas saja orang luar silakan masuk kota Bandung. Tentu seperti kemarin juga kota Bandung sudah cukup ramai kendaraan. Kita cukup kesabaran saja dari masyarakat pengguna jalan, arena banyak ruas jalan yang padat," katanya.

Pemerintah Kota Bandung akan menggelar acara muhasabah di malam pergantian tahun. Rencananya acara ini akan digelar di Masjid Al Ukhuwah, Jalan Wastukancana.

Sementara itu Wali Kota Bandung Oded Mohamad Danial mengatakan, pada malam pergantian tahun nanti, dirinya akan hadir di acara muhasabah yang digelar Masjid Al Ukhuwah. Muhasabah akan diisi dengan zikir bersama dan tablig akbar. Rencananya, sejumlah mubalig akan hadir di acara ini mulai  bada Isya hingga 1 Januari 2019 pagi.

“Insya Allah saya hadir di Masjid Ukhuwah. Ada dzikir bersama dan tablig yang diisi beberapa narasumber atau para penceramah sampai pagi,” ujar Oded.

Oded pun mengimbau kepada masyarakat untuk mengisi akhir tahun dengan muhasabah. Hal ini dapat dilakukan untuk mengisi kegiatan di akhir tahun. "Tahun baru imbauan Mang Oded kepada warga Bandung, tahun baru masehi 1 Januari Saya berharap warga Bandung jangan berbuat ulah macem-macem, lebih baik banyak muhasabah saja. Karena Tahun Baru merupakan tahun untuk kita bermuhasabah," katanya.

Tag Terkait