Ini empat pasar di Bandung yang akan direvitalisasi pada tahun ini

Oleh Mohammad Taufik pada 01 Maret 2018, 14:11 WIB

Bandung.merdeka.com - PD Pasar Bermartabat Kota Bandung akan merevitalisasi empat pasar tradisional pada tahun ini. Empat pasar tersebut adalah Pasar Cihaurgeulis, Pasar Kiaracondong, Pasar Sederhana dan Pasar Astananyar.

Dirut PD Pasar Bermartabat Ervan Maksum mengatakan, revitalisasi empat pasar tersebut akan dimulai awal tahun ini. Sebagian kata Ervan sudah ada yang dimulai pembangunannya.

"Pertama Pasar Cihaurgeulis revitalisasi total delapan bulan, Oktober sudah beres lah. Kedua adalah Pasar Astananyar, pasar ini ini kita revitalisasi perblok, kira-kira akhir Maret sudah selesai. Sekarang sudah 80 persen," ujar Ervan di Pasar Kosambi, Kamis (1/3).

Ervan menyebut, untuk pasar Astanaanyar, ada 109 pedagang ikan higienis dan daging. Pasar ini juga menjadi salah satu pasar sentra baso. Nantinya, para pedagang akan lebih nyaman.

"Jadi pedagang ikan, daging dan ayam ada di sana. Di sana lebih murah dan higienis," katanya.

Adapun untuk revitalisasi Pasar Sederhana lanjut Ervan ditargetkan rampung sebelum bulan Ramadhan. Rencananya ada 120 PKL yang rencananya akan dimasukkan ke dalam pasar setelah revitalisasi.

"Untuk Pasar Sederhana akan menarik PKL yang di luar untuk masuk ke dalam pasar. Terdapat 120 PKL yang akan dimasukan ke dalam. Di pasar tersebut juga akan dibangun dibangun taman, sehingga ada ruang terbuka untuk warga berinteraksi," ucapnya.

Sementara untuk Pasar Kiaracondong, Ervan menargetkan dapat rampung dalam jangka waktu lima. Saat ini penataan Pasar Kiaracondong sudah dimulai dengan pembersihan parkir dan gorong-gorong.

"Untuk pasar Kiaracondong pun sudah mulai. Jangka waktu revitalisasinya sekitar 5 bulan," ujarnya.

Disinggung anggaran, Ervan mengungkapkan, pihaknya menyiapkan anggaran sekitar Rp 80 miliar untuk merevitalisasi empat pasar. Dana tersebut berasal dari penyertaan modal.

"Paling besar akan digelontorkan untuk Pasar Cihaurgeulis sekitar Rp 30 miliar, karena revitalisasinya full," katanya.

Tag Terkait