Tata perkampungan padat, Nurul ingin 'copy paste' kampung warna-warni Brazil

Oleh Mohammad Taufik pada 27 Februari 2018, 18:54 WIB

Bandung.merdeka.com - Pasangan Nurul Arifin - Chairul Yaqin Hidayat (Ruli) memiliki konsep khusus untuk menata pemukiman pada penduduk di Kota Bandung. Salah satu konsep yang akan diusung yakni dengan pendekatan kreativitas seperti penataan kawasan kumuh di Brazil.

"Saya sih inginnya juga dibarengi dengan kreativitas khas Bandung misalnya kayak di Brazil ada tampak tampak rumah padat, tapi khas kan warna warni," ujar Ruli kepasa wartawan di sela kegiatan kampanyenya di kawasan Kelurahan Babakansari, Kecamatan Kiaracondong, Selasa (27/2).

Ruli menyebut, dengan konsep tersebut kawasan permukiman padat penduduk di Kota Bandung dapat menjadi potensi wisata. Sehingga selain menata pemukimannya, juga sekaligus menjadi tempat wisata.

Selain itu, lanjut Ruli pihaknya juga ingin sekaligus melakukan penataan pemukiman di kawasan Sungai Cikapundung. Rumah-rumah yang berada di bantaran sungai akan ditata.

"Kita juga pengennya kalau Saya jadi (memimpin Bandung) meneruskan cita cita Kang Ayi Vivananda (mantan Wakil Wali Kota Bandung) untuk membersihkan Cikapundung dari rumah rumah di bantaran sungai. Itu ditata juga, kita perhatikan kreativitasnya buat menarik wisatawan," ucap Ruli

Ruli menambahkan, konsep hunian vertikal seperti apartemen rakyat harus terus diperbanyak. Mengingat keterbatasan lahan yang semakin sempit di wilayah perkotaan.

"Untuk mengejar space kemudian mengadakan RTH lebih banyak lagi perlu (hunian vertikal). Tapi pendekatannya harus preventif banget dengan warga yang tinggal bertahun tahun. Prosesnya harus hati-hati," ujarnya.