Taksi online hadir di Bandara Husein Satranegara Bandung

Oleh Endang Saputra pada 05 Februari 2018, 15:00 WIB

Bandung.merdeka.com - Taksi online kini resmi beroperasi di Bandara Husein Sasatranegara Bandung. Hal ini ditandai dengan adanya kerjasama antara penyedia layanan transportasi online, Grab dengan Primer Koperasi Angkatan Udara (Primkopau). Melalui kerjasama ini memberikan kemudahan layanan transportasi bagi para penumpang yang tiba di Bandara Husein Sastranegara, Bandung.

Danlanud Husein Kolonel Pnb Iman Handojo mengatakan kota Bandung merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan dari luar negeri. Kota Bandung masuk dalam urutan lima besar kota di Asia Pasifik yang menjadi tujuan wisatawan mancanegara. Berdasarkan data, jumlah wisatawan domestik dan macanegara pada tahun 2017 mencapai 7 juta orang.

Untuk itu kata Iman, diperlukan pelayanan transportasi terbaik bagi para penumpang yang tiba di Bandara Husein Sasatranegara. Hal ini tentunya disesuaikan dengan perkembangan zaman yakni lewat layanan transportasi berbasis digital.

"Hal ini sejalan dengan komitmen pimpinan, sinergitas TNI, Polri, pejabat pemerintah pusat dan daerah di Lanud Husein. Dengan sinergitas AU, Angkasa Pura, kemudian Lanud dengan bandara dan sinergitas antara taksi Primkopau dengan Grab," ujar Iman kepada awak media di Bandara Husein Sastranegara, Senin (5/2).

Iman berharap kerjasama taksi Primkopau dan Grab di Lanud Husein Sastranegara dapat menjadi contoh tempat-tempat lain. Kerjasama ini pun sebelumnya telah dilakukan di Bandara Sukarno Hatta dan Halim Perdanakusuma.

"Nah kita yang ketiga. Primkopau sangat terbantu dengan adanya Grab sebagai armada berbasis aplikasi online di bandara yang membuat nilai plus dari para pelanggan," katanya.

Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata, mengatakan, kehadiran Grab secara resmi di Bandara Husein Sastranegara bersama Primkopau dapat mandukung visi Pemerintah kota Bandung untuk menjadikan Bandung sebagai smart city. Dimana kemudahan akses berbagai jenis transportasi dapat terintegrasi dan dinikmati oleh masyarakatnya.

Menurut Ridzki, armada GrabCar resmi di Bandara Internasional Husein Sastramegara dapat dengan mudah dikenali dengan stiker khusus Primkopau di jendela belakang mobil. Penumpang juga dapat menikmati fltur GrabNow yang akan mempermudah pemesanan grabcar.

"Penumpang dapat menikmati fitur GrabNow yang akan mempermudah pemesanan GrabCar. Penumpang cukup dengan mengunjungi titik penjemputan Grab yang terletak di terminal kedatangan Bandara," kata dia.

Ridzki memastikan, penumpang akan mendapatkan tarif GrabCar sesuai dengan aplikasi yang sudah disetujui di awal. Hal ini untuk memberikan kepastian harga yang terjangkau kepada masyatakat.

Di tempat yang sama, Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial mengaku menyambut baik hadirnya layanan transportasi online di Bandara Husein Sastranegara. Menurut dia, kerjasama ini merupakan bagian dari kolaborasi untuk menghadirkan layanan transportasi yang aman dan nyaman bagi masyarakat.

"Saya meyakini sedang terjadi sebuah proses kolaborasi di kota Bandung dari berbagai unsur termasuk di antaranya layanan transportasi ini," ucap dia.

Oded berharap kerjasama ini juga dapat dilaksanakan di tempat lain, tidak hanya Bandara. Dia meminta tidak boleh ada pihak-pihak yang egois untuk menghadirkan kemudahan layanan transportasi bagi masyatakat.

"Pelayanan transportasi ini dalam rangka memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat harus ada kebersamaan. Karena kalau terus-terusan tidak ada kebersamaan masih ngotot ego sentris masing masing terjadi saya kira agak susah. Ini mudah mudahan sebuah model kolaborasi yang sedang terjadi di Bandung. Saya berharap mudah mudahan di wilayah lain juga bukan di Lanud saja tetapi di tempat lain juga bisa melakukan itu," katanya.

Tag Terkait