Sejumlah komunitas di Bandung sampaikan dukungan untuk pasangan Nurul Arifin - Ruli

Oleh Farah Fuadona pada 26 Januari 2018, 10:32 WIB

Bandung.merdeka.com - Sebanyak 10 komunitas dengan berbagai latar belakang menyatakan dukungannya untuk pasangan Nurul Arifin-Chairul Yaqin Hidayat (Ruli) yang akan berlaga di Pilwalkot Bandung. Dukungan disampaikan oleh puluhan anggota komunitas di Posko Pemenangan pasangan Nurul-Ruli di Jalan Tamblong, Kamis (25/1).

Sebanyak 10 komunitas tersebut diantaranya Kelompok Penyanyi Jalanan (KPJ), Kelompok Kreatif Difabel, Komunitas Agus-Agus, Komunitas Sapu Nyere, Komunitas Jengkol, Komunitas Peduli Pinggiran Kota, Gerilyawan Nuruli dan komunitas lainnya. Sebagai tanda dukungan para anggota komunitas, mereka pun membubuhkan tanda tangan dalam sebuah spanduk.

Salah seorang perwakilan dari komunitas, Chardy S mengatakan, pihaknya memberikan dukungan kepada pasangan Nurul-Ruli karena dinilai memiliki visi dan misi yang sejalan untuk menata kota Bandung. Terlebih lagi keduanya, baik Nurul maupun Ruli memiliki latar belakang seniman dan musisi.

"Nurul Arifin seorang artis, seniman dan Kang Chairul seorang musisi salah satu band. Beliau akrab dan dikenal baik dengan teman-teman. Kebetulan dia nyalon. Kita dari dasar hati ingin mendukung beliau dengan cara kami," ujar pria yang merupakan Ketua KPJ Jabar ini kepada wartawan saat ditemui di Posko Pemenangan Nurul-Ruli.

Dia mengatakan, dengan ribuan anggota yang tersebar di Kota Bandung akan mensosialisasikan visi misi pasangan Nurul-Ruli kepada masyarakat dengan cara mengamen. Bahkan para anggota KPJ dan komunitas lain menggagas gerakan sejuta koin untuk pasangan Nurul-Ruli

"Gerakan 1 juta koin ini sebagai gerakan moral, kita bisa mengukur sejauh mana masyarakat ikut berpartisipasi. Nanti kita akan ngamen ke pasar-pasar tumpah dan tempat-tempat keramaian. Nah dengan mereka menyumbangkan koin jadi energi biat kita. Koin ini nanti selanjutnya kita serahkan ke Teh Nurul dan Kang Ruli," katanya.

Chardy mengaku percaya pasangan Nurul-Ruli mampu membawa Kota Bandung menjadi lebih baik. Mereka pun telah siap dengan segala konsekuensi apapun hasilnya pertarungan Pilwalkot nanti.

"Kami percaya pasangan Nurul-Ruli bisa membawa Bandung lebih baik. Kalau kalah, ini konsekuensi buat kami," katanya.

Sementara itu, Bakal Calon Wakil Wali Kota Bandung Ruli mengaku banga mendapatkan dukungan para komunitas di Bandung. Dukungan itu kata Ruli menambah energi untuk menghadapi Pilwalkot nanti.

"Hari ini kita menyelenggarakan pesta relawan sekaligus bersilaturahmi dengan mereka. Buat kami ini menambah energi kami buat bertarung sampai titik darah penghabisan sampai garis finish tanggal 27 Juni nanti," katanya.

Ruli mengungkapkan, keberadaan komunitas ini sangat penting untuk menyosialisasikan program kerja mereka ke masyarakat. Dengan adanya komunitas, beragam program dapat menjangkau masyarakat hingga ke akar rumput.

"Yang jelas mereka andilnya sangat berperan penting karena mereka ujung tombak menyosilisasikan sampai ke tingkat RW, berhadapan dengan warga. Di Bandung ada 1573 RW, itu yang akan kita jangkau," ujarnya.

Ruli pun mengaku banyak mendapatkan aspirasi dan gagasan dari para komunitas. Dengan adanya sinergi beragam pihak dapat mencari solusi untuk permaslaahan yang terjadi saat ini

"Tentunya mereka ingin difasilitasi apa yang mereka bisa. Dan saya bilang pemerintahan ke depan harus sinergi dan lebih banyak interaksi pemrintah dan warganya untuk mencarikan solusi. Jadi ketika ada masalah, langsung action," kata Ruli.