120 Pendaki taklukan 28 gunung Indonesia di hari Sumpah Pemuda

Oleh Mohammad Taufik pada 28 Oktober 2017, 12:40 WIB

Bandung.merdeka.com - Memperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada Sabtu (28/10), Eiger sebagai brand adventure memaknainya dengan mengadakan ekspedisi ke 28 gunung di Indonesia.

CEO PT Eigerindo MPI, Ronny Lukito mengatakan, dalam peringatan Sumpah Pemuda ini diselenggarakan upacara bendera secara serentak. Ada 28 tim dari ujung Sumatera hingga Papua yang akan menjelajahi gunung-gunung nan indah.

"Kegiatan ini tentu saja semuanya untuk Indonesia. Ini kebanggaan bangsa Indonesia. Indonesia yang kaya ini perlu kita maknai dan agungkan," ujar Ronny saat jumpa wartawan di Eiger Adventure Flagship Store Bandung, Sabtu (28/10).

Ke 28 gunung tersebut terbagi dalam beberapa wilayah. Untuk Sumatera yakni Gunung Kemiri Aceh, Gunung Sibuatab Sumatera Utara, Gunung Talang Sumatera Barat, Gunung Kerinci Jambi, Gunung Masurai Jambi, Gunung Dempo Sumatera Selatan, Gunung Patah Bengkulu, dan Gunung Pesagi Lampung.

Kemudian untuk wilayah Jawa, Gunung Pulosari Banten, Gunung Ciremai Jawa Barat, Gunung Slamet Jawa Tengah, Gunung Semeru Jawa Timur, dan Gunung Merapi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kalimantan yakni Gunung Palung Kalimantan Barat, Gunung Halau Kalimantan Selatan, dan Gunung Beriun Kalimantan Timur.

Selanjutnya, Sulawesi yaitu Gunung Klabat Sulawesi Utara, Gunung Tambusisi Sulawesi Tenggara, Gunung Rore Katimbu Sulawesi Tenggara, Gunung Gandang Dewata Sulawesi Barat, Gunung Mekongga Sulawesi Utara, dan Gunung Latimojong Sulawesi Selatan.

Untuj Kepulauan Sunda Kecil yajbi Gunung Rinjani NTB, Gunung Tambora NTB, Gunung Koya Koya NTT, Gunung Kelimutu NTT, dan Gunung Binaiya Maluku. Terakhir Papua adalah Gunung Carstensz.

"Pemilihan ke 28 gunung ini sendiri memiliki alasan khusus karena mewakili keanekaragaman hayati medan tropis di Indonesia. Mulai dari wilayah barat, tengah, dan timur yang masing-masing berbeda karakteristiknya," jelas Ketua Tim Ekspedisi 28 Gunung, Galih Donikara.

Galih menjabarkan, tim yang berangkat diharapkan mampu mencapai kawasan gunung yang dituju tepat pada hari Sumpah Pemuda. Kegiatan yang diselenggarakan adalag upacara bendera dan pembacaan naskah Sumpah Pemuda.

"Tepat pukul 10.00 WIB dilakukan live report upacara bendera dan pembacaan naskah Sumpah Pemuda dari 28 gunung," imbuh Galih.

Acara ini secara resmi dicatat di Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan pencapaian 'Pembacaan Teks Sumpah Pemuda Secara Serentak di Kawasan Gunung Indonesia Terbanyak'.

Diikuti 120 pendaki

Kegiatan ini akan diikuti sebanyak 120 pendaki dari 28 komunitas. Ketua Tim Ekspedisi 28 Gunung, Galih Donikara mengatakan, untuk 120 orang yang mendaki gunung dalam momen Sumpah Pemuda yang diselenggarakan oleh Eiger itu merupakan tim inti.

"Kalau ditanya secara keseluruhan banyak banget ya. Tim intinya 120 orang tapi yang terlibat mungkin ratusan soalnya untuk satu gunung saja ada yang sampai 40 orang rombongan," ujar Galih.

Dari 120 orang yang ikut terbagi yang rata-rata untuk satu gunung ada minimal tiga orang melakukan ekspedisi.

Galih menjabarkan, untuk menyelenggarakan kegiatan ekspedisi pendakian 28 gunung ini persiapan telah dilakukan sejak enam bulan lalu. Untuk kegiatan sendiri telah dirancang pada tahun lalu. "Intens persiapannya sejak enam bulan lalu," katanya.

Disinggung mengenai kendala, Galih mengaku tak ada kendala berarti. Soalnya, semua berjalan dengan lancar. Mulai dari persiapan, hingga pendakian yang dilakukan oleh para pecinta alam hingga hari Sumpah Pemuda berlangsung semuanya bisa dibilang lancar.

"Koordinasi antar pendaki maupun kami semuanya lancar. Jadi enggak ada kendala. Kesulitannya hanya persiapan di atas meja. Dimana kami bisa mengumpulkan data para pendaki 28 gunung dalam selembar kertas," terang dia.

Para tik pendaki yang berangkat menjadi di 28 gunung Indonesia ini melakukan prosesi upacara bendera dan pembacaan naskah Sumpah Pemuda.

Tag Terkait