Sandiaga Uno berterimakasih ke Aher sebab jadi jurkamnya di Plgub DKI

Oleh Mohammad Taufik pada 21 Juni 2017, 09:58 WIB

Bandung.merdeka.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyambangi Rumah Dinas Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (Aher) di Kota Bandung. Kedatangan Uno untuk mengucapkan terima kasih karena sudah mengantarkannya menjadi wakil gubernur.

Sandiaga datang tepat pukul 16.00 WIB di Gedung Negara Pakuan, Jalan Ottista, Kota Bandung, kemarin. Sandiaga diterima Aher di ruang tamu. Dia tampak menggunakan baju koko dan berpeci, lalu membuka pembicaraan dengan ucapan terima kasih.

"Kang Aher, maksud kedatangan saya ke sini untuk mengucapkan terima kasih karena telah membantu saya menjadi Jurkam (juru kampanye)," kata Sandiaga yang tampak didampingi dengan beberapa rekan dari tim pemenangan.

Untuk diketahui, Aher merupakan Ketua Badan Pembina Kepemimpinan Daerah DPP Partai Keadilan Sejahtera‎ (PKS). PKS diketahui merupakan partai pengusung Sandiaga yang berpasangan dengan Anis Baswedan pada Pilkada DKI April 2017 lalu.

Dalam pertemuan itu, Sandiaga Uno juga tertarik menggarap potensi kopi terbaik di dunia. Dia tahu salah satu kopi terbaik dunia tumbuh kembang dengan baik di Jawa Barat.‎

Penggarapan kopi itu nantinya akan melibatkan para wirausaha yang ingin membuat coffe shop. Langkah itu juga nantinya akan masuk ke program unggulan Anies-Sandi, yakni Oke Oce yang mulai bekerja Oktober 2017 mendatang.

"‎Spesifik potensi kerja sama yang dibicarakan tadi bahwa kita punya yang namanya program Oke Oce. Tadi Pak Gubernur Jabar (Ahmad Heryawan) cerita Best kopi terbaik itu ada di Jabar. Nah itukan bisa menjadi sumber pencipta lapangan kerja," kata Sandi.

Menurut dia, pasar kopi terbesar di Indonesia sendiri adalah Jakarta. Sebab di ibu kota negara tersebut kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup warganya. ‎

"Penciptaan banyak wirausaha nanti akan tergarap. Di Jakarta belum banyak (potensi kopi). Kan banyak cofe shop dan barista. Kalau terjalin baik antara Jabar dan Jakarta Itu akan jadi sumber pencipta lapangan kerja. Itu untuk pastikan ekonomi tumbuh. Jadi nanti mungkin bisa jadi Malabar Kopi, Puntang Kopi namanya," ujarnya.

Bersama Gubernur DKI terpilih Anies Baswedan, Sandiaga mengaku memiliki target menciptakan 200 ribu lapangan pekerjaan. Dengan menggarap komoditas kopi, tentu ini merupakan potensi baik yang harus dimasukkan dalam program andalannya. "Jadi ke sini ada penciptaan ekonomi baru," ujarnya.

Selain kopi, Sandiaga mengaku, akan belajar juga pada Ahmad Heryawan bagaimana membenahi pendidikan. Menurutnya tata kelola pendidikan di Jabar cukup bagus karena memiliki 80 persen angka partisipasi murni (APM).

"Pendidikan saya belajar bagaimana APM di Jabar sekarang bisa 80 persen. Di Jakarta Utara saja cuma 60 persen. Kita punya PR. Dengan angka partisipasi murni kita nantinya akan all out," katanya.

Sementara Aher, sapaan akrab Ahmad Heryawan, mengatakan kehadiran Sandiaga ke Bandung untuk membuka harmonisasi dua provinsi berdekatan. Jabar sebagai penyangga ibu kota tentu harus memiliki hubungan baik agar pembangunan yang dilakukan pemerintah bisa tercapai.

"Tadi disinggung sinergi pembangunan. Keserasian harmonisasi tata ruang. Termasuk harmonisasi infrastruktur di perbatasan. Pelayanan publik juga," katanya.

"Karena nanti akan ada sekolah yang menghadirkan kerja sama baik. Kita sudah ada kerja sama dengan Banten, Jakarta, dan Jabar. Nanti diperkuat. Karena kalau tidak salah ketuanya nanti itu DKI, setelah empat tahun kemarin Banten," ujar Aher.

Tag Terkait