Mantan Gubernur Jabar Solihin GP dirawat di rumah sakit karena stroke

Oleh Mohammad Taufik pada 09 Juni 2017, 20:55 WIB

Bandung.merdeka.com - Gubernur Jawa periode 1970-1975 Solihin Gautama Purwanegara (Solihin GP) terbaring di rumah sakit. Pria yang akrab disapa Mang Ihin ini harus menjalani perawatan di Rumah Sakit Advent lantaran terkena stroke.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berkesempatan menjenguk Mang Ihin di RS Advent, Jumat (9/6).

"Saya menengok Pak Solihin GP, tokoh kita semua, tokoh Jabar. Atas nama Pemkot Bandung kita menghaturkan doa kesembuhan mudah-mudahan bisa lekas sembuh," ujar Ridwan kepada wartawan di RS Advent.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, dari keterangan pihak keluarga, Solihin GP diketahui masuk rumah sakit sejak hari Minggu (4/6) kemarin. Dari hasil diagnosa dokter, Mang Ihin diketahui terkena stroke.

"Dia memang sudah sangat sepuh 91 tahun. Walau didiagnosa dokter ada sedikit kena stroke. Sehingga ada keterbatasan dalam berkomunikasi dan merespon," katanya.

Di mata Emil sendiri, sosok Mang Ihin merupakan sosok bapak yang banyak memberikan nasihat. Terlebih lagi sosok Mang Ihin merupakan salah satu tokoh yang mendukung Emil maju di Pilwalkot 2013 lalu.

"Bagi saya beliau bapak kita semua. Selalu memberikan nasehat-nasehatanya, tegas karena mantan tentara, mantan panglima. Jadi kalau ada hal-hal besar urusan Bandung dan Jabar beliau sangat concern. Sangat jarang tokoh di usia sesepuh ini membicarakan republik. Jadi ini tokoh kesayangan Jawa Barat," ucapnya.

Emil pun meminta kepada masyarakat untuk ikut mendoakan kesembuhan Mang Ihin. Sehingga dapat kembali beraktivitas seperti semula.

"Saya minta masyarakat Jabar ikut mendoakan. Mudah-mudahan diberikan recoveri dan kesembuhan," katanya.

Tag Terkait